Tidur

Pernyataan bahwa tidur merupakan obat awet muda, mungkin ada benarnya. Tidur siklus dalam diri manusia, bertujuan memberikan kesempatan bagi tubuh supaya beristirahat secara total. Istirahatnya organ tubuh; pencernaan, otot rangka, panca indera, dan otak, akan memberikan kesempatan untuk revitalisasi dan rejuvenasi sel-sel tubuh.

Meski obat awet muda, bukan berarti Anda memilih tidur seharian. Kita tahu, lama tidur ideal bagi orang dewasa yaitu 6-8 jam. Biasa lebih dari itu, siap-siap mengundang penyakit setidaknya sakit punggung.

Rasulullah SAW mengajarkan untuk tidur secepatnya, sekitar jam 9 dan bangun di 1/3 malam sekitar jam 3 pagi. Waktu yang hening untuk bermunajat kepada Allah SWT terutama shalat tahajud—shalat sunnah yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Tapi tidur termasuk nikmat dunia yang melalaikan, seperti halnya tahta harta, dan wanita. Ketika tidur dianggap lebih baik daripada shalat malam, lebih baik daripada beribadah kepada-Nya, mungkin disaat itulah kita teracuni dunia.

Tidur cara ampuh untuk me-refresh tubuh. Sudah kodrat manusia untuk tertidur—terlepas kekurangan atau kebanyakan tidur karena itu dipengaruhi faktor eksternal. Menyinggung kodrat, entah kenapa menjadi jomblo—di zaman ini—sepertinya dianggap tindakan di luar kodrat. Kodrat mencintai, Anda tahu, bukanlah pacaran tapi pernikahan.

Tidur dikatakan pula sebagai mati sementara. Mungkin karena saat tidur ruh kesadaran dicabut. Jika fase tidur kesadaran akan kembali, maka berbeda dengan mati ruh kesadarannya tak akan kembali. Seharusnya hal ini membuat kita sadar bahwa tombol on off hidup seseorang dipegang olehNya.

Cara terbaik untuk menghadapi tidur yaitu niat: untuk beribadah kepadaNya, untuk bertemu denganNya. []

gambar dari google

3 thoughts on “Tidur

  1. yang kadang terlupa bagi kita adalah bahwa kalo sudah tidur kita belum tentu bangun. Jadi kelupaan untuk berdoa, bersuci, dan melakukan sunnah2nya. Saya sendiri sering alpa.. keburu ngantuk, keasikan baca, keasikan main gadget. tau2 udah tidur lupa dengan berbagai hal yg disunnahkan🙂

    selamat berpuasa ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s