Menulis (lagi)

“Obat malas menulis adalah menulis itu sendiri,” balas saya menjawab tweet teman yang bertanya, “cara supaya tidak malas menulis?”

“Ok sip,” balasnya dengan emotion muka datar.

Pada dasarnya manusia adalah penulis, setidaknya menulis status di facebook atau berkicau sebanyak 144 karakter di twitter. Tapi yang dimaksud teman saya itu bukan sekedar menulis di sosial media, melainkan tulisan yang berisi pemikirannya.

Tampaknya menulis menjadi kegiatan yang dihindari—kecuali menulis di social media. Itu disebabkan, saya kira, karena menulis proses mengolah pikiran. Pekerjaan yang gampang susah-susah. Lebih mudah menjadi penonton, tidak usah berpikir, tinggal menonton entah itu sinetron, film, atau berita. Kabar buruknya, kadang pikiran Anda gampang di arahkan.

Stagnan menulis bisa jadi karena pikiran kita sendiri. Pikiran yang ruwet, Anda tahu, membuat aktivitas Anda ikut ruwet. ‘Saya tidak akan menghasilkan tulisan apa pun,’ kata pikiran Anda. Hasilnya mungkin Anda tidak menulis apa pun. Anda adalah apa yang Anda pikirkan.

Bagaimana jika disusun ulang pikiran tadi, ‘Menulis ini membuat saya frustrasi, tapi saya bisa melakukannya. Saya hanya butuh fokus untuk menyelesaikannya.’ Terlihat lebih optimis bukan. Memang menjadi orang yang pesimis atau optimis, tidak akan mengubah hasil. Namun, menjadi optimis setidaknya membuat Anda mencoba daripada tidak sama sekali!

Barangkali kita perlu belajar dari Buya Hamka. Meski dalam kurungan penjara, mampu  menulis dan menyelesaikan tafsir Al Qur’an 30 juz. Di barat, Voltaire menghasilkan drama Oedipe, dalam penjara Bastile selama 11 bulan. “Urusanku adalah mengatakan apa yang aku pikirkan,” ujar Voltaire. Dan apa yang dipikirkannnya mengantarkan ia sebagai penulis yang berpengaruh di zaman pencerahan.

Selama pikiran tidak terpenjara menulis bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Saat saya stagnan menulis, saya mengingat apa yang saya ucapkan mengenai obat malas menulis. Dan saat ini, resepnya saya terapkan. []

One thought on “Menulis (lagi)

Leave a Reply

