Menyederhanakan Mimpi

Seorang teman blogger bertanya, “kamu gimana caranya bisa nulis posting gampang banget?”. Mungkin maksud teman saya itu kenapa saya belakangan ini rajin posting, apa rahasiany? Saya jawab bahwa saya lagi kerasukan, nanti juga bakal balik lagi seperti semula.

Ya akhir-akhir ini saya rajin posting di blog. Mungkin itu pengaruh dari pradigma berpikir saya yang sengaja saya ganti. Dulu saya punya keinginan untuk menjadi seorang penulis. Supaya disebut sebagai penulis maka Anda harus menghasilkan sebuah karya yaitu buku. Menulis buku ini yang menjadi tujuan saya sekaligus menjadi beban!

Menulis buku tentang apa? Disukai apa tidak? Bagaimana memulainya? Laku apa tidak? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mengganggu pikiran saya. Anda tahu jika pikiran anda ‘terganggu’ maka tingkat kreatifitas anda juga terganggu.

Pada akhirnya saya menyadari saya terlalu berkutat pada persoalan menulis buku ketimbang menulis itu sendiri. Paradigma ini harus saya rubah atau dikemudian hari kreativitas saya akan mandeg dan perlahan menghilang.

Dengan kesibukan kerja dan tidak banyaknya waktu, saya kira menulis buku termasuk hal yang tidak realistis saya lakukan saat ini. Ya saya mulai berkompromi dengan keinginan-keinginan saya dan mencoba untuk menyederhanakannya!

Menjadi penulis tidaklah harus dengan menulis buku, aktif posting di blog sudah merupakan hal bagus dan itu masih dalam koridor menjadi penulis. Nah ini yang sedang saya lakukan, melakukan hal-hal sederhana dan apabila saya kerjakan terus menerus dapat mengantarkan saya menjadi seorang ‘penulis’. Fokus saya beralih pada proses bukan hasil!

Cara ini, menyederhanakan mimpi, akan saya terapkan pada mimpi yang lain. Hafalin saja ayat Al Qur’an, jadi penghafal apa tidak urusan nanti. Mulai berdagang, jadi pedagang sukses apa tidak lihat nanti. Bukan menjadi apa tapi sudah melakukan apa?

Ada lagi mimpi besar, menjadikan Islam rahmatan lil alamin. Kalau ini bukan impian, tapi kewajiban! []peta

2 thoughts on “Menyederhanakan Mimpi

Leave a Reply

