Gulat dan Ajal

Anda pernah menonton smackdown (gulat)? Waktu kecil saya suka menontonnya, waktu itu masih disiarkan pada siang hari. Pegulat jagoan saya Sting. Pegulat yang selalu tampil dengan men-cat mukanya dengan corak hitam putih ini akan marah dan meng-KO-an lawannya jika cat mukanya luntur.

Pada pertengahan tahun 2000-an smackdown menjadi trend lagi, bedanya kali ini disiarkan malam hari. Siang harinya, teman-teman saya membicarakan pertandingan smackdown tadi malam sambil meniru-niru gaya sang pegulat. John Cena menjadi pegulat yang sering ditiru gayanya.

Meski mempunyai rating tinggi, smackdown dilarang penyiarannya. Alasannya banyak anak-anak cidera karena memperagakan aksi para pegulat di atas ring. Saya akui saya juga pernah gelut dengan teman saya gara-gara terinspirasi acara smackdown. Ya, televisi memang alat mind control yang efektif.

Selain Sting, John Cena, masih banyak pegulat terkenal lainnya seperti Hulk Hogan (musuh bebuyutan Sting), Undertaker, The Rock, Rey Mysterio. Khusus nama pegulat terakhir ini, tengah mengalami insiden.

Rey Mysterio melakukan tendangan yang membuat lawannya, Perro Aguayo Jr, terpelanting dengan keras sehingga lehernya menyangkut di tali ring dan tak sadarkan diri. Tanpa disangka Perro dinyatakan meninggal di atas ring.

Apakah gulat termasuk olah raga ekstrim karena nyawa taruhannya? Bisa jadi, tapi cabang olah raga lainnya juga tidak luput dari cerita atletnya meninggal di tengah pertandingan. Pada tahun 2007, Antonia Puerta, pemain Sevilla berkebangsaan Spanyol, meninggal diusianya yang masih sangat muda yaitu 22 tahun.

Tidak hanya dalam olah raga, dalam kehidupan sehari-hari yang tidak memerlukan kontak fisik pun seseorang meninggal secara tiba-tiba. Padahal sebelumnya sehat, tidak menderita suatu penyakit, bukan perokok. Malah yang pecandu rokok tidak mati-mati.

Seseorang meninggal bukan karena ia bergulat, merokok, penyakit, atau kecelakaan. Itu bukan sebab utama? penyebab utama adalah sudah sampainya ajal. Saya, anda, juga sedang menunggu giliran. Giliran untuk berjumpa malaikat maut! []peta

4 thoughts on “Gulat dan Ajal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s