Ke Jerman?

Empat teman saya sekarang tengah melanjutkan studi di Jerman. Bahkan satu diantaranya sedang mengambil program S3. Saya ikut senang dan turut mendoakan mereka berhasil dalam studinya.

Kadang saya berpikir ketika teman saya itu selesai studi, mungkin mereka akan menjadi pribadi yang berbeda, mempunyai pengalaman yang berbeda, atau setidaknya ilmunya melampaui saya. Dasar, karena saya orangnya tidak mau kalah–tapi sering mengalah–saya harus berbuat sesuatu supaya tidak ketinggalan jauh.

Tentu tidak dengan mengejar mereka ke Jerman, untuk apa? The best absurd country is Indonesia. Yang perlu saya lakukan setidaknya tidak berhenti untuk belajar, membaca buku, dan menghasilkan karya. Dan yang penting lagi, memperdalami khazanah islam.

Anda tahu, masa depan peradaban manusia adalah peradaban islam. Ini bukan saya yang ngomong tapi baginda Rasulullah SAW, “…Selanjutnya adalah masa Khilafah yang mengikuti jejak kenabian (Khilafah ’ala minhaj an-nubuwwah). Kemudian beliau (Nabi) diam.”

Peradaban islam nantinya 11-12 dengan eranya para sahabat Rasulullah SAW. Peradaban yang menggeser era sekuler kapitalis. Hanya saja, seperti yang saya bilang, peradaban islam nanti mempunyai kualitas selayaknya era para sahabat Rasulullah SAW, masyarakatnya pun kualitasnya layaknya para sahabat. Apakah kita saat ini mempunyai kualitas layaknya para sahabat? Kalau belum berarti peradaban itu masih jauh!

Ah tapi masa kamu tidak pengen ke Jerman? Pengen, tidak hanya ke Jerman tapi ke negara barat lainnya, untuk melihat lebih dekat detik-detik runtuhnya peradaban kapitalis. []peta

8 thoughts on “Ke Jerman?

Leave a Reply

