Seberapa Muslim Kamu

Ketika berada di kampung halaman, ada hal unik yang menimpa saya. Anda tahu saya adalah orang Madura asli. Tapi ketika berbincang dengan seorang bapak yang saya temui di tempat pencucian motor, bapak itu bertanya asal saya. Spontan saya jawab bahwa saya asli warga sini, orang Madura. Tapi bapak tadi masih menunjukkan paras wajah tidak percaya, menurutnya logat saya ketika berbicara tidak seperti logat orang Madura pada umumnya.

Barangkali enam tahun tinggal di tanah Jawa dan berinteraksi dengan orang Jawa telah mengikis logat Madura saya. Pengalaman serupa saya alami jika saya berbicara orang Jawa dengan bahasa Jawa yang saya kuasai, mereka tahu bahwa saya bukan orang Jawa dan langsung menanyakan saya asli mana. Saya kira, entah di Madura maupun di Jawa, saya dianggap bukan bagian dari mereka.

Saya kira wajar kalau bapak tadi bertanya identitas saya, melihat ciri yang mudah dikenali dari orang Madura yaitu logatnya tidak ditemui pada saya. Tapi bagaimanapun dan sampai kapanpun darah Madura akan mengalir dari diri saya. Sama seperti orang Madura pada umumnya, katanya, tidak bisa membedakan antara warna biru atau hijau maka begitu pula saya. Saya mempunyai jiwa entreuprener yang tinggi khususnya di bidang jual beli besi tua dimana banyak orang Madura sukses di bisnis tersebut.

Saya lebih takut jika kehilangan identitas saya sebagai seorang Muslim. Benar bahwa di KTP agama saya tertulis Islam tapi sudahkan perilaku saya mencerminkan seorang Muslim? Ciri seorang muslim minimal, menurut saya, ketika mendengar azhan dia segera ke masjid untuk menunaikan shalat. Ikut bersedih saat saudaranya di Plestina di bom bardir oleh zionis Israel. Jika Anda muslimah, di kehidupan publik Anda menutup aurat sebagaimana Anda menutup aurat ketika shalat.

Muslimah yang tidak menutup aurat, tidak perlu gusar ketika sering ditanya ‘apakah Anda Muslimah?’ atau pertanyaan lainnya seperti, kenapa Anda tidak menutup aurat? Pertanyaan-pertanyaan itu konsekuensi dari identitas Islam Anda yang ‘hilang’.

Bisa jadi seorang Muslim tidak menunjukkan kemuslimannya supaya keikhlasannya dalam beribadah terjaga atau tidak ingin memperlihatkan amal ibadahnya kepada orang lain. Maka dia memilih shalat sendirian ketimbang shalat di masjid, biar hanya dia dan Allah SWT saja yang tahu aktivitas ibadahanya. Jika demikian, saya takut ketika meninggal nanti, dia sengaja merahasiakan kematiannya biar orang lain ikhlas menerima kepergiannya menghadap sang Ilahi. Hanya saja, siapa nanti yang menshalati jenazahnya? []peta

*menurut kamu, perlu tidak menujukkan ‘identitas’ mu sebagai seseorang muslim?

4 thoughts on “Seberapa Muslim Kamu

  1. Identitas agama itu memang tidak harus ditunjuk-tunjukkan, tapi tanpa sadar biasanya akan nampak sendiri.
    Lagi pula, semisal hijab. Bukannya Allah memang memerintahkan muslimah berhijab agar mudah dikenali??

    Entah, perlu atau tidak. Tapi mungkin orang lain perlu tau agama kita. Karena ada hal2 yang perlu dihormati dan dihargai,🙂

  2. Kalau ditanya perlu apa tidak, tentu akan saya jawab perlu. Kalau ditanya bagaimana cara mengekspresikannya, jawabannya kerap tidak seragam antar orang per orang.

  3. Orang tidak bisa hidup tanpa identitasnya. Tapi, kalau keikhlasan beribadah tergantung pada tampak atau tersembunyinya identitas, rasanya salahnya ada di situ. Keikhlasan itu perkara batin, kenapa bisa dipengaruhi oleh identitas yang lahiriah?

    Kupikir, solusinya bukan dengan lantas menyembunyikan identitas, melainkan: bersihkan hati dari riya’.

    • “bersihkan hati dari riya’?”, kurasa jg begitu..

      mumpung masih syawal, saya mohon maaf lahir batin apabila ada salah kata selama per-blog-an.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s