Hari Kemenangan ?

Perhelatan Piala Dunia 2014 di Brazil sudah usai. Menarik menyimak komentar Louis Van Gaal setelah timnya Belanda kalah adu pinalti melawan Argentina di semifinal. Dia berujar, “Saya ingin menegaskan kepada kalian (wartawan) bahwa tim saya tidak kalah dari Argentina. Tim saya hanya kurang beruntung.”

Saya rasa itu komentar yang cerdas, dan saya senang di musim depan Louis Van Gaal menjadi pelatih klub Inggris, Manchester United. Dengan begitu, saya bisa melihat hal cerdas lainnya yang bisa ia lakukan terhadap sepakbola.

Meski tidak menjadi juara, menjadi finalis bukanlah prestasi yang tidak terlalu buruk bagi Argentina. Walau saya mengharapkan Argentina menjadi juaranya. Melihat Argentina musuh bebuyutan Brazil, akan sangat menyenangkan jika Argentina menjadi juara di kandang musuh bukan! Tapi skenario itu terjadi, kita sama-sama tahu bahwa tim Jerman yang menjadi pemenangnya dan sebagai pemenang mereka berhak mendapat piala emas yang diimpikan oleh setiap pemain sepakbola itu.

Umat Islam juga baru merayakan Hari Kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri. Saya tidak begitu tahu kenapa disebut “Hari Kemenangan”. Anda tahu kemenangan identik dengan piala, hadiah, atau hal lainnya sebagai tanda kemenangan, seperti halnya piala emas yang di dapat oleh Jerman. Tapi apa yang kita dapat di Idul Fitrih?

Sebenarnya saya tidak bersungguh-sungguh menanyakan hal itu. Saya pikir tiap orang mempunyai arti ‘kemenangan’ sendiri yang merayakan ketika lebaran. Hanya saja, siapa yang tahu bahwa di Hari Raya Idul Fitrih kita dinobatkan sebagai pemenang?

Menurut saya, kita tidak bisa mengetahui apakah mendapat predikat pemenang atau tidak sebelum kita mati. Di tempatkan dimana kita setelah mati, surga atau neraka? Jika surga, selamat Anda berada di tempat para pemenang. Jika sebaliknya, berada di neraka, sayang sekali Anda termasuk the loser.

Saya kira, saya lebih suka menyebut Idul Fitrih sebagai ‘hari pembuktian’. Pembuktian atas hasil puasa kita selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Apakah diluar bulan Ramadhan, kita masih mampu untuk ‘berpuasa’? jadi, mari buktikan! []

*kemenangan apa yang yang kalian dapat saat bulan Ramadhan, guys?

2 thoughts on “Hari Kemenangan ?

Leave a Reply

