Melawan Capitalism


Hampir di setiap kota terutama kota metropolitan, Anda akan menjumpai pemandangan yang kontras terkait pemukiman. Tempat tinggal saya misalnya, berangkat pulang kerja saya melewati perumahan elit yang harganya minimal rumah tersebut 1 M. Tapi ketika memasuki pemukiman tempat saya tinggal, pemandangan rumah yang besar nan megah itu lenyap, sedangkan jalan lebar yang di tengahnya ada taman itu tidak sampai di pemukiman kami. Menyisakan jalan yang berlubang dan pemukiman kumuh.

Tidak ada yang salah berdiri pemukiman mewah. Hanya saja, jika swasta mampu membangunkan perumahan elit, setidaknya negara membantu kalangan ekonomi sulit membangun rumah layak huni. Bukankah negeri ini bukan bukan negara korporasi yang ringan tangan kepada kepentingan swasta (kapitalis), tapi menutup tangan kepada rakyat jelata. Atau memang demikian?


Grafik perekonomian negeri kita sedang menaik. Itu memang benar. Tapi perputaran uang oleh segelintiran kelompok saja hanya membuat yang kaya makin kaya, dan yang miskin makin jelata.

Protes, Anda ingin protes? Saya rasa tidak. Anda tahu, kekayaan yang terpusat pada pemilik modal saja merupakan mekanisme sistem kapital-liberal yang berlaku di negeri ini. Anda sebagai bagian dari sistem, mau tidak mau harus menerima keadaan tersebut. Tapi syukur jika sadar, cuman apa yang bisa Anda perbuat dengan kesadaran Anda itu? []

4 thoughts on “Melawan Capitalism

  1. terus hal praktis apa yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup di dalam sistem yang tidak adil ini? berjuang untuk khilafah sih benar. cuma itu kan jangkan panjang dan masif. sedangkan kalau untuk individual dan saat ini apa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s