Tenda Jahit Pak Ajun (Andai Dulu Jadi Kuliah di Arsitektur ITB)

kisah inspiratif..🙂

Catatanku

Pak Ajun namanya. Profesinya adalah sebagai tukang jahit di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Kuningan Raya, Antapani, Bandung. Dengan modal sebuah mesin jahit tua, dia menunggu pelanggan yang datang untuk mempermak pakaian. Ada pelanggan yang datang untuk memotong panjang celana, ada yang datang ingin mengecilkan ukuran pakaian yang kedodoran, ada pula yang meminta dijahitkan pakaian yang robek, menempelkan lambang sekolah dan OSIS, dan sebagainya.

Pagi itu saya mendatangi Pak Ajun untuk memotong celana yang kepanjangan. Ini kali kedua saya datang ke tenda jahitnya. Kali pertama saya datang untuk menjahitkan lambang SMP di seragam sekolah anak saya. Saya terkesan dengan cara menjahitnya yang cekatan dan hasilnya rapi. Sambil menunggui dia yang dengan gesit memotong dan menjahit, saya jadi mengetahui banyak hal. Dia bercerita bahwa dirinya baru saja pulang dari sekolahan anaknya (SMP swasta) di daerah Cicaheum. Sambil sedikit mengeluh dia menceritakan sekolah di swasta itu sering banyak pungutan. Tadi dia ke…

View original post 626 more words

Leave a Reply

