Mursi, Presiden Kita!

Mursi, entah bagaimana kabar presiden terpilih Mesir itu. Berita terakhir yang aku peroleh, beliau ditangkap dan berada dalam penjara militer. Sungguh mengherankan memang sebagai presiden terpilih secara demokratis, Mursi malah dikudeta dengan cara-cara yang tidak demokratis.

Melihat cara yang dilakukan oleh militer untuk membubarkan aksi dukungan kepada presiden Mursi, sampai-sampai terjadi tumpahan darah. Dan tidak main-main korban yang meninggal sampai ribuan orang. Hal yang sama juga bisa menimpa kepada presiden Mursi di dalam penjara sana. Entah apa yang akan mereka lakukan kepada beliau, aku sendiri tidak berani membayangkan? Yang aku yakini, jika beliau bersabar insyaAllah menjadi ladang amal jariyah bagi beliau.

Presiden Mursi merupakan sosok fenomenal, beliau hafidz Qur’an dan pemimpin Ikhwanul Muslimin, organisasi (harakah) islam internasional. Tidak banyak yang mengetahui ketika pasca tsunami Aceh, Mursi sempat mengunjungi Aceh untuk memantau secara langsung. Sebuah bentuk kepedulian yang entah apa bisa ditiru oleh pemimpin bangsa ini?

Diberitakan, di kantor kepresidenan, Mursi selalu menjadi imam dalam shalat bersama para pengawal istana. Rasa-rasanya agak sulit menemukan pemimpin negeri ini menjadi imam dalam shalat.

Mursi pernah mendadak marah ketika melihat anggota paswalpres berdiri di bawah terik matahari. Setelah bertanya kepada komandan pengawal, Mursi meminta anggota pengawal yang berdiri di bawah terik matahari segera bubar dan mencari tempat teduh.

Mursi juga memerintahkan tidak memasang fotonya di kantor pemerintah atau di mana saja. Hal itu berbeda dengan kebiasaan pemimpin Arab yang suka jika fotonya dipasang di mana-mana, bahkan membuat patung dirinya.

Mursi mengajarkan bagaimana seharusnya seorang pemimpin bersikap. Ia tidak ingin menempatkan dirinya sebagai penguasa. Ia memilih disebut sebagai pelayan. Sikap dan prinsip itulah yang semestinya menjadi pondasi para pemimpin negeri ini. Namun, fakta yang ada malah sebaliknya. Bukannya menjadi pelayan, mereka malah meminta dilayani.

Itulah sekelumit tentang Dr Muhammad Mursi presiden terpilih Mesir. Sebagai pribadi muslim, tentu banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari beliau. Tapi lain halnya jika dilihat dari sudut pandang politis. Kiranya ada yang perlu dicermati dari Mursi.

Omong kosong jika ada yang mengatakan Ikhwanul Muslimin tidak ingin menegakkan Khilafah Islamiyah. Sayangnya ketika tampuk kekuasaan berada di genggaman, Mursi tidak serta merta mengajak umat memberikan dukungannya untuk tegaknya Khilafah Islam. Memang banyak pertimbangan politis jika Mursi mendeklarasikan tegaknya Khilafah islam, tapi untuk apa mempunyai kekuasaan jika tidak untuk meninggikan kalimatul haq!

Jika Khilafah benar bisa ditegakkan maka Mursi sekaligus menjawab keraguan kelompok islam lainnya yang menyatakan tidak mungkin menegakkan Khilafah melalui jalur parlemen atau lewat sistem demokrasi. Tapi faktanya sampai sekarang Khilafah belum bisa ditegakkan melalui parlemen atau memang tidak bisa. Bahkan kekuasaan yang diraih secara sah melalui demokrasi malah dilengserkan secara tidak demokratis.

Kemenangan islam tidak hanya karena tampuk kekuasaan dipegang oleh orang yang shaleh, tapi juga ketika kepemimpinan berpikir masyarakat dilandasi oleh kepemimpinan berpikir Islam. Bagaimana halnya ketika Rasulullah SAW mendidik para sahabatnya untuk selalu terikat kepada Islam. Masyarakat dan militer termasuk bagian sentral tegaknya Khilafah. Umat perlu dipersiapkan, sehingga nantinya umat menerima kepemimpinan Islam atas mereka.

Apa yang terjadi di Mesir memberi kita banyak pelajaran, bahwa revolusi tidak boleh tidak harus berhasil. Jika gagal maka lihatlah ribuan nyawa menjadi taruhan! []peta

2 thoughts on “Mursi, Presiden Kita!

  1. Hmm.. Saya suka gaya menulis Antum Akh.. Memberikan sudut pandang positif terhadap objek tulisan, kemudian membubuhkan argumen pribadi terkait peristiwa yang ada di sekitarnya.. Lanjutkan menulisnya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s