[Review] Muslimlah Daripada Liberal

Alhamdulillah baru selesai baca buku “Muslimlah Daripada Liberal, Catatan Perjalanan Dari Inggri” karya Dr. Adian Husaini. Salah satu buku dari 6 buku yang saya beli ketika pameran Islamic Book Fair Surabaya beberapa waktu lalu.

Dari 6 buku, 5 bukunya adalah karya Dr. Adian Husaini. Entah waktu itu, kenapa saya begitu khilaf setelah melihat buku karya beliau berjejer-jejer. Ada 5 buku karya beliau, dan 5 buku itu saya borong semua. Padahal ada buku “Muhammad” karya Karen Amstrong yang sebelumnya ingin saya beli terpaksa saya pending karena kendala dana.


Kelima buku Dr. Adian Husaini tersebut adalah buku pertama yang miliki dari karya Dr. Adian Husaini. Sebenarnya saya tidak terlalu mengenal sosok Dr. Adian Husaini, pertama kali nama mendengar nama beliau ketika ramai-ramainya anti JIL di sosial media dan nama Dr. Adian Husaini ini sering disebut. Lebih mendalam saya mengetahui pemikiran beliau ketika membaca buku “Islam 101” karya Akhmal Sjafril, dalam buku tersebut tidak sedikit mengutip pemikiran Dr. Adian Husaini.

Buku pertama yang saya baca adalah “Muslimlah Daripada Liberal”. Pembahasannya ringan tapi sangat berbobot ketika bersinggungan dengan pemikiran Islam.

Buku ini merupakan kisah perjalanan seorang Adian Husaini selama berkunjung di negara liberal Inggris. Kisah yang diulas adalah tentang kehidupan umat Muslim disana terutama interaksi Muslimin Indonesia yang berbaur dengan kaum Muslimin dari penjuru dunia lainnya, para penduduk lokal yang berduyun-duyun masuk Islam, serta interaksi dengan para Islamofobia yang masih tersisa. Umat Islam di Inggris, m

Inspirasi dari buku ini yaitu bagaimana kaum muslim di Inggris yang berjuang mempertahankan identitas keislamannya. Mereka tetap hidup sebagai manusia modern, bekerja sebagai kaum profesional, jalan berpikir mereka sangat rasional. Mereka adalah orang-orang Muslim yang yakin dan bangga sebagai Muslim, dan tetap berusaha menjadi Muslim, meskipun terkepung dalam alam liberalisme.

Ah membaca buku ini saya jadi terinspirasi untuk menulis catatan perjalanan saya sendiri, tidak usah jauh-jauh sampai ke luar negeri cukup perjalanan hidup sehari-hari dimana saya mendapat hikmah kehidupan. (tidak menolak jika diajak melancong ke keluar negeri🙂

Kutipan favorit dalam buku ini :

1. Islam bukan sekedar sebuah agama, tetapi juga sebuah pandangan hidup. Sebuah worldview yang menjadi panduan dalam berpikir dan berbuat. (hal. 46)

2. Adanya alam yang sangat teratur menunjukkan ada yang mengatur! (hal. 49)

3. Jika orang meyakini kebenaran semua agama, pada hakikatnya dia sudah tidak beragama (hal. 59)

4. “Barat menanggung hutang kepada dunia Islam yang tidak akan pernah lunas terbayarkan” (hal. 60)

5. Yang pokok bukan membicarakan masalah liberalisasi tersebut, tapi bagimana umat Islam memperkuat agamanya dan memahami tantangan pemikiran kontemporer! (hal. 74)

6. Buku dan segala bentuk materi bacaan adalah merupakan ‘guru’ yang ramah, tidak pernah marah dan lelah (hal. 79)

7. Sejarah Islam menunjukkan bagaimana prestasi-prestasi besar mampu diraih oleh kaum Muslim karena memadukan tiga potensi: usaha keras, doa, dan tidak bersikap lemah (hal. 93)

8. Semakin banyak nikmat yang diterima, maka semakin berat juga tanggung jawabnya di akhirat (hal. 95)

9. Hal-hal yang mungkin dianggap sepele oleh banyak orang, saat ditata dan disimpan dengan baik, akhirnya menjadi benda berharga (hal. 168)

Judul        : Muslimlah Daripada Liberal

Penulis        : Dr. Adian Husaini

Penerbit    : Sinergi Publishing

Tebal        : xi + 226

Review by peta.

7 thoughts on “[Review] Muslimlah Daripada Liberal

  1. byk inspirasi dr para muslim diluar sana, pemahaman ttg islam yg kaffah srta pmikiran yg lbh terbuka, trbebas dri logika mistika yg brlbihan. beda dgn para militan fundamentalis dimari ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s