Hoby-Hobyan

Tanpa diketahui penghuni kontrakan, atau memang yang lain tidak tertarik, Peta sebenarnya mempunyai hobi unik bin aneh. Yaitu mengumpulkan karcis tol masuk jembatan Suramadu.

Hoby yang tidak ada selera seninya atau menarik-manariknya memang, tapi tidak bagi Peta. Katanya karcis-karcis itu bisa menjadi rekam jejak sejarah yang sangat penting baginya nanti, setidaknya dalam siklus penghidupan Peta.

Jika sedang pulang kampung dan melewati jembatan Suramadu, tidak lupa ia meminta karcis tol. Karcis yang berukuran 6×4 cm itu disimpannya baik-baik seperti sedang menyimpan materai. Sedangkan balik karcis yang polos itu menjadi wadah bagi Peta untuk merekam historis kepulangannya selama di kampung halaman. Misalnya dia pernah menulis pulang kampung untuk menengok keponakannya yang baru lahir, Kaisah. Bisa jadi momen yang paling dia tunggu adalah ketika dia menulis “pulang untuk meminang bidadari!”


Ada-ada saja, kalau mau menekuni hoby ya rodo’ bergensi kenapa! Misal, gowes sepeda fixie, fotografi dengan modal kamera DSLR, touring motor gede, atau hoby apalah yang biasa disenangi manusia perkotaan.

“Justru itu”, kata Peta. “Berbagai macam hoby yang barusan kamu sebut, itu sudah biasa. Banyak orang yang sudah menekuninya. Gak ada ekslusive-nya lagi” tambahnya.

Masih menurut Peta, hobi yang seharusnya menjadi ajang senang-senang ketika mengisi waktu luang, malah menjadi trend lifestyle yang mengarah pada gengsi-isme atau materialisme. Kalau mau naik sepeda ya sepeda saja, tidak ada efeknya naik sepeda seharga ratusan ribu dengan jutaan atau puluhan jutaan rupiah.

“Ah itu kan menurut kamu aja Pet”

“Coba bandingkan dengan hoby ku, hoby ku malah murah meriah. Gak pake beli onderdil, tools, atau alat pelengkap lainnya”

Tapi aneh juga Peta, dia mengatakan kalau suatu saat ingin bisa berhenti dari hobinya itu. Artinya dia tidak butuh karcis lagi karena jembatan Suramadu bisa dilewati tanpa bayar alias gratis..tis..tis..!! []

19 thoughts on “Hoby-Hobyan

  1. ini bisa dijadikan hobby beneran Peta.. bukan cmn hobby-hobbyan..
    harusnya nyimpennya jgn dicublesin ke besi gitu, jadinya kan rusak..
    ditata yg rapi di album foto misalnya.. trs distraples, pasti jadi terlihat unik!πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s