Ring Yang Tidak Adil

Di alam demokrasi, orang ‘shaleh’ mungkin tidak akan melakukan tindak korupsi. Tetapi berpeluang besar mereka dituduh melakukan korupsi.

Ring demokrasi adalah ring tanding yang tidak adil. Orang shaleh yang bermodal sepeda onthel dipaksa berlomba dengan para begundal-begundal, ada yang memakai sepeda motor, mobil sedan, atau bahkan truk. Tidak hanya dipaksa untuk berlomba, orang shaleh pun ditindas, dilindas, dan diserempet. Meski aturan rimba yang digunakan pun, “yang kuat yang menang”, “yang banyak yang berkuasa”, mau tidak mau mengharuskan orang shaleh untuk bertahan. Sampai kapan? mungkin sampai babak belur dan tidak bisa bangkit lagi.

Orang ‘shaleh’ adalah orang yang menghendaki adanya perubahan atas kondisi yang carut-marut, pejabat yang bobrok, aparat yang keparat, dan rakyat yang makin sekarat.

Cuma yang tidak disadari oleh orang shaleh tersebut, untuk melakukan perubahan tidak harus ikut serta dalam perlombaan. Orang shaleh bisa menantang begundal-begundal itu secara jantan untuk bertanding di ring sesungguhnya, yaitu ring yang menerapkan aturan yang memanusiakan manusia pada tempat dan derajatnya, tools yang digunakan sama rata dan berimbang. Kalau perlu orang shaleh itu bisa mengajak duel! tidak perlu takut karena orang shaleh tidak hanya didukung oleh golongan manusia saja tetapi golongan malaikat.

Katakan, “hei begundal-begundal tengik! keluarlah kalian. Kalian yang beraninya hanya di kandang. Hadapi kami! Disini kami tidak akan kena fitnahmu. Tidak sudi aku memasuki kandangmu yang najis dan mengotori kesucian kami itu.”

Pada akhirnya nyali begundal itu akan ciut juga, karena tidak hanya satu-dua orang yang mengepung tapi ribuan orang yang meminta mereka untuk minggat dan akan dibangun rumah baru diatasnya. Bagundal-begundal itu jika ingin ruh-nya masih di kandung jasad, cukup pilih mau ikut menjadi orang shaleh atau tunduk kepada orang shaleh? []peta

One thought on “Ring Yang Tidak Adil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s