Arah Perubahan

Berdirinya suatu bangunan mulai dari bangunan berlantai satu sampai gedung pencakar langit, tidak lepas dari suatu perencanaan yang matang dan detail. Sukses tidaknya hasil pembangunan yang berdiri diatasnya, tergantung dari hasil perencanaan yang telah disusun sebelumnya. Mulai dari desain bangunan, survey lahan, uji material bahan, atau sampai akurasi pemetaan wilayah. Apalah artinya proses pembangunan nantinya, jika survey menyatakan lahan tidak layak untuk diberdirikan bangunan. Kalaupun tidak layak, justru melalui proses perencanaan itulah masalah-masalah di lapangan seharusnya bisa teratasi.

Tulisan ini bukan bermaksud untuk membahas manajemen teknik atau menjelaskan posisi sarjana geodesy dalam pembangunan, tapi ilustrasi diatas sebagai gambaran apabila seseorang atau kelompok ingin melakukan suatu ‘perubahan’. Perubahan seperti apa? setidaknya keluar dari jerembap lumpur kehinaan menuju kemuliaan, atau dari barang rusak menjadi berdaya guna.

Sama seperti pembangunan, perubahan juga memerlukan proses perencanaan yang detail dan jelas terutama dari segi tujuan dan metode untuk meraihnya. Maka diperlukan proses berpikir yang panjang akan suatu perubahan. Justru proses berpikir akan perubahan inilah yang akan menentukan berhasil tidaknya suatu perubahan. Dapat dikatakan proses berpikir akan perubahan bisa menjadi lebih penting daripada aktivitas perubahan itu sendiri. Logikanya jika proses berpikirnya saja mengalami pelencengan meski hanya beberapa derajat tetapi cukup untuk membuat aktivitas perubahan itu menyimpang dari jalurnya.

Sering kali aku membaca ‘ide’ perubahan dari seseorang atau kelompok tertentu, dan sering pula aku tidak sependapat dengan mereka. Apalagi melihat tujuan dan metode yang dibawa tidak memuaskan akal atau masih muncul pertanyaan sana-sini. Di kesempatan ini aku meminta maaf karena tidak sependapat dengan mereka meskipun tujuan perubahan yang mereka inginkan adalah hal yang ‘baik’. Hanya saja tanpa tujuan dan metode yang jelas, bisa jadi perubahan yang seharusnya dapat mengeluarkan dari mulut buaya malah berpindah ke mulut harimau.

Lha terus perubahan seperti apa yang benar? menurutku parameternya mudah saja, perubahan yang hakiki adalah perubahan yang mengarah kepada kemuliaan Islam. Sebagaimana Rasulullah SAW tidak hanya melakukan perubahan di dunia arab saja, tetapi perubahan bagi seluruh umat manusia. Perubahan seperti itulah yang aku rindukan ya Rasulullah. []peta

5 thoughts on “Arah Perubahan

    • Sbg seorg muslim sya tdk bs mengatakan tidak.. sperti katanya ust srifin ilham, “syariat islam harga mati..” cuma bgaimana mnerapkan syariah islam itu kudu benar sesuai yg dicontohkan Kanjeng Nabi..

    • hmm sya melihat tiap kelompok yg memperjuangkan penerapan syariah dalam tataran negara mempunyai metode-nya masing-masing.. misal ada yg menganggap dg perbaikan individu dulu, baru masyarakat, kemudian tataran negara..ada yg memperjuangkan lewat intraparlemen, dan ada jg via ekstraparlemen..
      klo menurut smpyn sndiri mana yg sesuai dg dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW..

  1. kita meniru cara rasul. rasul dulu berdakwah ekstraparlemen sebab beliau tidak bergabung dengan penguasa quraisy. beliau tidak menerima kedudukan dan negoisasi dengan kaum kafir.
    beliau berdakwah dari aqidah dulu. lalu beliau hijrah di madinah. di madinah beliau menerapkan syariat islam. ada rukun islam yang kita semua tau. cuma di masa rasulullah ada instrumen negara yang mengurus hukum, sosial, ekonomi, pendidikan,akhlak.
    ringkasnya, menurutku dakwah ada 3 cara: individu, kelompok dan negara. ketiganya berjalan bersama. tidak terpisahkan. lalu ekstraparlemen. sebab rasulullah tidak ikut parlemen quraisy. tapi beliau mengelola politik, mengelola masyarakat dengan syariat islam.cara dakwah nabi itu kompleks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s