Pria Bersuara Lantang

Meski dikelilingi pohon besar nan rindang, suasana panas masih menyeruak di serambi masjid Manarul Ilmi. Tetapi bukan hanya teriknya langit Surabaya yang menghangatkan masjid berslogan “masjid milik kita semua” itu, tapi juga Orasi Pasca Jumatan oleh Cak Rohman salah satu mahasiswa pascasarjana.

“Umat terbaik adalah pelopor bagi seluruh kemajuan manusia dan negara.” Ujar beliau dengan lantang. Dengan intonasi yang tegas dan jelas layaknya khatib jumat memberi khutbah, cuma minus speaker. Spontan menarik perhatian jamaah jumat baik yang sekedar merebahkan diri di tiang penyangga masjid, atau bercengkrama dengan jamaah lain.

“Umat terbaik! Semestinya menjadi pelopor di segala aspek kehidupan.” Kali ini lebih lantang lagi dengan gerakan jari menunjuk ke atas. Umat Islam adalah umat terbaik. Tidak main-main, predikat khairu ummah diberikan langsung oleh Pemilik Alam Semesta, Allah Azza Wa Jalla.

Oh benarkah umat Islam adalah umat terbaik? Bukankah penduduk Indonesia mayoritas umat Islam. Artinya Indonesia seharusnya menjadi negara terbaik, negara adikuasa, atau negara Super Power. Namun faktanya negara ‘terbaik’ ini malah berjuluk negara sarang koruptor. Prostitusi tempat perzinahan legal terbesar se-Asia Tenggara berada di negara ‘terbaik’, suatu prestasi yang belum bisa disamai oleh timnas Garuda. Negara ‘terbaik’ adalah teladan bagi negara lainnya, tapi apa yang bisa diteladankan oleh negara ‘terbaik’? Tawuran pelajar, seks bebas, narkotika, kerusuhan, atau eyang subur-nya!

“Benarkah kita umat terbaik, tapi faktanya kita menjadi umat terburuk!!”

Oh apakah tanpa kita sadari gelar khairu ummah itu telah jatuh di dasar palung. Atau malah gelar tersebut dirampas, diperosokkan ke jurang paling dalam!

“Umat Islam adalah umat terbaik!” Suara itu kembali menggema. Mungkinkah orang yang suara lantang itu hendak mengatakan “Bangkitlah wahai bani Al Fatih. Rebut kembali kemuliaan umat Islam!”. []peta

Lihat aksinya : http://www.youtube.com/watch?v=w89gXysDgtU&feature=youtu.be

4 thoughts on “Pria Bersuara Lantang

  1. Di ayatnya kalo gak salah ada lanjutannya, jika kamu bertakwa.. Jadi kalo gak ngerti dan paham bertakwa gak bisa jadi umat terbaik.. Hehehe.. TFS..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s