Hadiah Terbaik!

Merayakan ulang tahun berarti merayakan bertambahnya umur. Tambahnya umur makin mendekati kematian. Maka merayakan ulang tahun adalah merayakan makin dekatnya kematian.

Berdasar penanggalam masehi, pada 1 april kemarin aku resmi berumur 23 tahun. Umur yang menurutku tidak terlalu tua dan sudah tidak muda lagi. Tidak ada hal istimewa yang aku lakukan untuk merayakan hari lahir itu. Biasanya untuk memperingati hari-hari penting, semisal hari pahlawan, dilakukan flash back atau mengingat kejadian di masa lampau sehingga bisa kita ambil pelajaran didalamnya. Masalahnya jika aku memperingati hari lahirku, aku sudah tidak ingat lagi ketika keluar dari rahim ibuku, dengan lumuran darah dan rasanya bernafas untuk pertama kali. Yang pasti sebagai bayi yang terlahir normal, yang aku lakukan sebagai salam perkenalan dengan dunia adalah menangis. Dan ‘tangisan’ seorang anak adalah kebahagiaan bagi orang tuanya.

Umur 23 tahun, umur yang sama ketika sultan Murad II (Muhammad Al Fatih) menaklukkan kota Konstantinopel. Aku sebenarnya malu dengan ‘kakek’ buyutku itu. Di umur 23 tahun, sudah banyak yang beliau taklukkan baik ilmu pengetahun, fiqih, atau wilayah futuhat . Sedangkan diriku, menaklukkan hati seorang wanita saja belum. Oh maksudku, menaklukkan perkuliahan saja belum. Sudah menginjak tahun kelima, tapi mengerjakan bab pendahuluan saja butuh 5 bulan..

Lupakan sejenak tentang kuliah dan wanita. Ada pertanyaan yang belakangan ini terus membayangiku. “Sudah 23 tahun, amalan apa saja yang sudah kamu kerjakan? Dan amalanmu apakah cukup untuk mengantarkanmu pada-Nya?” Jika menjawab pertanyaan tersebut, maka aku akan menangis berdarah-darah. Tidak, amal ku belum cukup. Dan aku tahu maut tidak akan menungguku sampai amalanku cukup, untuk tidak segan-segan mencabut nyawaku. Astaghfirullah

Jika diluar sana mereka merayakan ulang tahun dengan pesta pora dan setelahnya memohon supaya apa yang mereka inginkan terwujud. Maka perkenankan hamba untuk memohon ampun kepada-Mu. Bisa jadi ampunan-Mu adalah hadiah terbaik yang pernah hamba terima. []peta

11 thoughts on “Hadiah Terbaik!

Leave a Reply

