Susahnya Bangun Habits

Satu minggu yang lalu saya berpikir saya akan menjadi pribadi yang ‘beda’. Bagaimana tidak, amalan para penghuni surga hampir tiap hari saya laksanakan yaitu shalat malam. Betapa happy saya ketika itu karena akan mempunyai habit (kebiasaan) positif. Maka saya bertekad untuk benar-benar membentuk habit ‘langka’ itu’.
Berdasar buku ‘How To Master Your Habits’ karya ust. Felix Siauw, habit merupakan hasil daripada pengulangan suatu aktivitas dalam jangka waktu tertentu. Semakin banyak suatu satu aktivitas diulang dalam jangka waktu lama maka habit akan semakin kuat. Bisa shalat malam apalagi rutin mungkin bagi sebagian orang adalah hal luar biasa. Tapi bagi ‘habiter’ adalah hal biasa karena mereka melakukan hal-hal luar biasa itu sudah berulangkali, sehingga hal luar biasa bagi kita adalah hal biasa bagi mereka.
Jika kita ingin mengembangkan habit tertentu sehingga kita menjadi ‘expert’ di bidang tersebut. Setidaknya habit tersebut dikerjakan berulangkali terus menerus dan dilaksanakan selama 30 hari. Berdasar sebuah data, motivasi hanya berpengaruh 11%-35% dalam keahlian. Sisanya itu pada pembiasaan, pada habit!
Sudah dua minggu saya menggarap project habit saya. Hasilnya luar biasa pada satu minggu pertama tapi tidak dengan minggu berikutnya. Ada beberapa evalusai kenapa habit saya itu mandeg salah satunya karena komitmen untuk melaksanakan habit tersebut masih kurang. Sepertinya saya harus memulai project itu dari awal lagi.
Dari pengalaman malam minggu pertama saya melaksanakan project tersebut, ada beberapa pelajaran yang bisa saya ambil. Saya memahami mengapa shalat malam merupakan amalan para penghuni surga. Itu karena amalan tersebut tidak sembarang orang bisa melakukannya. Ketika manusia lainnya terlelap dalam tidur dan mimpi-mimpinya, tidak dengan hamba Allah. Ia lebih memilih ‘nge-date’ dengan Sang Kekasih. Ia mencintai Allah, begitu pula Allah mencintai hamba yang bertaqwa!
Seharusnya kita berusaha melakukan habit-habit positif tiap gerak-gerik keseharian kita. Karena apabila kita tidak melakukan habit positif otomatis kita mengerjakan habit ‘negatif’. Sayangnya butuh berhari-hari untuk membentuk habit positif tetapi butuh sehari habit ‘negatif’ terbentuk!

#test mobiblog

9 thoughts on “Susahnya Bangun Habits

  1. I kno whow hard it is to build shalat malam. Terkadang sudah terbiasa bangun untuk shalat malam sudah terlaksana tapi kurang bisa khusu’ adaa saja yang dipikir, tapi jangan pernah menyerah bro.. Allah tahu isi hati kita, just keep on the spirit of buliding shalat malam ya, bawakan aku dalam doamu dan kubawakan namamu dalam doaku, as friends, new ones…πŸ˜€

  2. Saya pernah mengikuti kajian keislaman. Ustadzah tersebut bilangnya gini : Setiap orang merasa mudah di bidangnya masing-masing. Maksudnya, ada yang mudah di shalat malam, ada yang di shalat dhuha, ada yang di tilawahnya, ada yang di witirnya, ada yang di rawatibnya. Nah, akan lebih bagus jika kita merasa mudah di semuanya itu, walau agak susah untuk rutin melakukannya. Bukankah iman seseorang itu kadang pasang, kadang surut?

    Jadi kata Ustadzah itu, sebaiknya kita memperkuat di bagian ibadah yang kita anggap mudah. Bagi kita tilawah 1 juz sehari itu mudah, maka coba meningkatkan 2 juz sehari. Bila tahajud 4 rakaat itu mudah, naikkan ke 6 rakaat. Begitu seterusnya.

    Setiap kebiasaan positif itu sebenarnya susah di awalnya sajaπŸ™‚
    Nice postπŸ™‚

  3. Aq juga paling susah buat bangun malam, dulu udah pernah nyoba kok selalu gagal. Insyaallah maju terus pantang mundur :))

    *smangat

  4. Untuk memotivasi membangun kebiasaan solat, bisa coba baca Pusaran Energi Ka’bah dan/atau Terpesona di Sidratul Muntaha karya Agus Mustofa, jika belum pernah membaca. Jika sudah, boleh dibaca lagi haha.

    Oh, ya. Salam kenal dari saya.πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s