Semakin Ekstrim!

Sesaat sensasi dingin menyelemuti sekujur tubuh Peta. Hembusan angin malam baru saja menerpa wajahnya. Jam digital handphone-nya menunjukkan angka sebelas malam. Jalanan lenggang Basuki Rahmat menjadi saksi bisu jika tiap harinya jalan tersebut dipadati ratusan atau ribuan kendaraan bermotor tiap harinya.

Peta bukannya ‘batman’ atau manusia kalong yang aktifitasnya baru dimulai pada siang hari. Hanya saja tiap seminggu sekali dia rutin mengambil buletin untuk kemudian disebar selesai Jum’atan. Malam itu sama seperti malam seminggu sebelumnya dia akan menempuh jarak 45 menit lamanya menerobos jalanan Surabaya. Hal yang tidak biasa dia lakukan terutama di siang hari. Bukan karena panas kota Surabaya yang menyengat tetapi malam hari banyak ‘polisi tidur’ jadi dia tidak takut ditilang karena tidak membawa SIM.

Waktu bagi kota Surabaya ditinggal penghuninya tetapi justru keindahan sisi lain dari kota Surabaya mulai menyeruak. Jika lampu motor Peta ditambah lampu motor pengendara lainya digabungkan dengan kerlap-kerlip lampu gedung, maka Surabaya seperti kunang-kunang yang berseliweran kesana-kemari.

**

Motor berhenti. Peta mampir sejenak di toko yang disulap menyerupai ‘mini market’ kecil. Bukan mini market milik para kapitalis semacam alfamart atau indomaret. Mini market itu terlampu sederhana hanya menggunakan kipas angin sebagai penyejuk ruangan. Tetapi keberadaan mini market itu setidaknya tidak memonopoli warung-warung kecil disekitarnya seperti apa yang dilakukan mini market milik kapitalis.

Tepat disamping motor Peta, terparkir motor Vixion berwarna putih. Yang menjadi tidak biasa hanyalah pengendaranya yang seorang wanita berkerudung putih. Tidak hanya kerudung, baju dan celananya juga berwarna putih. Pakaian yang sering dipakai seorang perawat. Wanita itu menoleh, seperkian detik mereka saling memandang sebelum wanita itu pergi mengendarai motor racing-nya.

Baru pertama kalinya Peta menjumpai seorang wanita mengendarai sepeda motor yang diperuntukkan laki itu. Kecuali di film-film, tapi itu pun hanya akting toh yang mengendarai adalah pemeran pengganti. Oh bukannya beberapa waktu lalu dia menjumpai hal yang sama. Wanita merokok!

Mengendarai motor laki dan merokok bukanlah hal yang dilarang tetapi jika pelakunya adalah seorang wanita tentu menjadi tidak biasa atau diluar kelumrahan. Di masa mendatang mungkin Peta akan mendengar berita bahwa wanita memperkosa seorang laki. Apakah terdengar ekstrim? Tidak! Jika engkau sebelumnya pernah membaca berita tentang istri memenggal burung suaminya, seorang ibu meracuni anaknya atau gadis remaja menggugurkan bayinya. Hal ‘ekstrim’ lainnya bisa terjadi juga. Selama manusia tidak menggenggam aturan Tuhan-Nya, tinggal tunggu mainnya saja kerusakan lainnya terjadi! []

5 thoughts on “Semakin Ekstrim!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s