3 Maret : Memoar Khilafah Islamiyah

Minggu 3 Maret 2013, sepertinya akan sama seperti minggu-minggu pagi sebelumnya. Tidak ada bendera tengah tiang, tidak ada pita hitam, atau hari berkabung tidak hanya nasional tetapi seharusnya internasional. Seperti minggu biasanya, aku lihat orang berjoging sampai keringat keluar deras dari sekujur tubuhnya, para biker mengontel sepedanya dengan kayuhan 0,5 meter/detik, mahasiswa-mahasiswa dengan wajah antusias berjualan di pasar minggu kampus, ada gelak tawa, euforia disana-sini, menandakan minggu ini tidak ada bedanya dengan hari lainnya. Padahal hari ini adalah hari ‘istimewa’ bagi umat Islam, bertepatan dengan tanggal 3 Maret!

Apakah ada perayaan atau peristiwa besar pada tanggal tersebut? Bukan besar lagi tapi amat besar. Pada tanggal 3 Maret 1924, Khilafah Islamiyah di Turki resmi di runtuhkan oleh Inggris lewat agennya Mustafa Kemal. Habis sudah peradaban yang 13 abad lamanya menjaga wibawa dan kehormatan umat Islam. Peradaban yang telah melahirkan ulama-ulama besar, ilmuwan-ilmuwan muslim tersohor serta peradaban yang memberikan keseimbangan luar biasa antara kemajuan dunia dan keselamatan akherat.

Apa itu khilafah? Sederhananya khilafah adalah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslimin di seluruh dunia untuk menerapkan syariah Islam dan mengemban dakwah Islam ke seluruh dunia. Aku jadi ‘iri’ dengan pemeluk agama sebelah, mereka mempunyai pemimpin keagamaan. Terlepas ada pemimpin salah satu agama yang mengundurkan diri, mereka tetap mempunyai pemimpin yang membimbing rohani mereka.

Seharusnya umat islam juga mempunyai seorang pemimpin, tidak harus sekelas kanjeng Nabi tapi setidaknya selevel dengan Abu Bakar, Umar, Usman, Ali atau Umar bin Abdul Aziz. Pemimpin yang tidak hanya menjadi imam untuk kerohanian saja tetapi juga menjadi pendengar keluh kesah umat, penyambung lidah umat atau menjadi tameng dari musuh-musuh Islam.

Saat ini ada beberapa orang atau kelompok yang menyadari akan pentingnya umat Islam mempunyai seorang pemimpin. Apalagi mereka menyadari keruntuhan Khilafah bukanlah kejadian ‘alami’, tetapi sebuah peristiwa yang memang sudah direkayasa oleh musuh-musuh Islam puluhan tahun sebelumnya. Mereka yang tersadarkan kemudian membentuk kelompok-kelompok dengan metode perjuangan masing-masing. Lalu mana kelompok paling ‘shahih’ untuk menegakkan khilafah? Entahlah aku tidak mempunyai kapabilitas untuk menjawabnya, tetapi setidaknya kita bisa mengindera metode kelompok mana yang sesuai dengan metode Rasulullah SAW ketika mendirikan negara Islam pertama di Madinah.

Perbedaan pastilah selalu ada termasuk dalam penegakan Khilafah. Hanya saja bukan berarti adanya perbedaan, lantas menjadi alasan lunturnya jalinan ukhuwah antar kelompok Islam. Teringat pesan Prof. Fahmi Amhar dalam artikelnya, “kalaupun ada perbedaan pemikiran, maka itu seharusnya diselesaikan dengan kekuatan logika, bukan logika kekuatan. Dengan cara ini justru wacana keislaman akan semakin publik dan Islam semakin hangat dibicarakan (secara positif) di masyarakat.”

Tiap orang yang mempunyai cita-cita penegakan Khilafah, pasti punya alasan-asalan sendiri-sendiri disamping mengetahui bahwa wajibnya seorang muslim untuk mempunyai imam!

Ada yang berjuang untuk mengembalikan masa keemasan Islam, ingin sejahtera seperti pada zaman Umar Bin Abdul Aziz dimana tidak ada rakyatnya yang mau menerima zakat saking sejahteranya umat saat itu, ingin mempunyai kesempatan lebih besar untuk belajar agama karena fasilitas pendidikan diberikan cuma-cuma oleh khalifah seperti yang dicontohkan khalifah terdahulu.

Bagaimana denganku yang ikut mencita-citakan untuk mengangkat peradaban yang kini tenggelam di dasar samudera itu, menarik dan ikut berlayar bersamanya menuju tanah impian. Ah sederhana saja, aku pikir kesempatan menjadi mujahidin akan terbuka lebar bagi mereka yang tidak mempunyai pengalaman perang sama sekali (kecuali dalam Counter Strike), ketimbang saat ini dimana tentaranya hanya sekedar latihan perang saja! []peta

3 thoughts on “3 Maret : Memoar Khilafah Islamiyah

  1. Subhanallah. bagus sekali artikelnya.. semakin termotivasi untuk memperjuangkan syariah dan khilafah. semoga kerinduan kita terhadap syariah dan khilafah akan segera terwujud atas izin ALLAH.

  2. POSTER MOZAIK SISTEM ISLAM

    Poster Dakwah Powerfull
    Mozaik Sistem Islam adalah poster dakwah yang menggambarkan sistem Islam dalam bentuk bagan. Poster dakwah ini memetakan poin-poin utama sistem Islam dalam sebuah kerangka yang utuh dan menyeluruh, diambil dari sumber referensi resmi dan valid, disampaikan dengan penjelasan yang ringkas dan sederhana. Tampilan dibuat dengan desain yang menarik, dalam kemasan yang ergonomis.
    Dengan demikian, melalui poster dakwah Mozaik Sistem Islam ini diharapkan:
    1. Aktivis dakwah paham kerangka utama sistem Islam.
    2. Masyarat tahu gambaran sistem Islam

    Paket Spesial 6 in 3
    Mozaik Sistem Islam ditawarkan dalam 1 paket spesial (bundle) yang terdiri dari 6 buah gambar Sistem Islam dalam 3 lembar poster bolak-balik:
    Struktur Negara Khilafah
    Struktur Negara Islam Rasulullah
    Sistem Peradilan
    Sistem Persanksian
    Sistem Ekonomi
    Sistem Keuangan
    Spesifikasi Teknis
    Poster Dakwah Mozaik Sistem Islam dibuat dengan ergonomis sehingga praktis untuk dibawa dalam setiap aktivitas dakwah Anda.
    Ukuran 31 x 43,67 cm
    Kertas art paper 210 gr
    Finishing UV Glossy
    Full colour 2 muka (bolak-balik)
    Galeri Produk

    Struktur Negara Islam Masa Rasulullah

    Struktur Negara Khilafah

    Sistem Peradilan

    Sistem Persanksian

    Sistem Ekonomi

    Sistem Keuangan

    “Inilah bukti kesempurnaan Sistem Islam: struktur kenegaraannya tergambar dengan jelas, sistem ekonomi dan keuangannya sangat berbeda dengan sistem ekonomi kapitalis dan sosialis, sistem hukum dan peradilannya memberikan jaminan keadilan. Hanya sistem seperti inilah yang mampu mewujudkan rahmatan lil’alamin.”
    Dr. Arim Nasim, M.Si.
    Pakar Ekonomi Islam – Dosen Universitas Pendidikan Indonesia

    HARGA

    Anda bisa mendapatkan
    6 gambar Sistem Islam
    dalam 3 lembar Poster Dakwah ini
    hanya dengan harga
    Rp. 30.000,-

    Cara Order
    SMS
    1. Ketik SMS dengan format: namalengkap#alamatlengkap#jumlahpemesanan
    2. Kirim ke nomor: 0852-2074-1915 atau 0857-9575-1650
    3. Transfer uang sejumlah pemesanan Anda.
    4. Lakukan konfirmasi melalui SMS.

    info & pemesanan hub :
    HANA RUSMA
    0852-2074-1915
    0857-9575-1650

    PEMBAYARAN
    Rekening pembayaran dikirim ke:
    BNI SYARIAH
    No. Rek. 0290709557
    a/n Teja Suar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s