Menciptakan Manusia?

Pertanyaan saya, dulunya juga pernah ditanyakan oleh malaikat langsung kepada Empunya Alam Semesta, “Mengapa Engkau menciptakan manusia padahal mereka akan membuat bencana di muka bumi?”

Dijawab oleh-Nya, “Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”. Sejujurnya saya kurang puas dengan jawaban tersebut ditambah apa yang menjadi kecemasan malaikat, terbukti terjadi pada zaman ini. Manusia membuat bumi menangis dengan mengunduli hutan-hutan, mengeksploitasi habis minyak, batubara, emas, atau mempolusikan udara dengan asap-asap kotor mereka. Bahkan manusia dengan kejamnya saling menjagal, menumpahkan darah demi mempertahankan kekuasaanya.

Saya yakin Allah SWT yang Maha Mengetahui juga tahu bahwa manusia akan membuat kerusakan di bumi. Lha kalau sudah tahu lantas mengapa Allah masih ngeyel menciptakan manusia?

Sejatinya semua keadaan di dunia ini pasti diketahui Allah SWT, baik kejadian yang telah, sedang maupun yang akan terjadi. Kejadian apapun bentuknya telah diketahui oleh Allah SWT dan dituliskan di Law Mahfuzh termasuk siapa-siapa manusia yang membuat keonaran akan tercatat juga.

Hanya saja jangan disimpulkan karena telah tercatat di Law Maffuzh bukan berarti Allah yang memaksa orang tersebut untuk berbuat keonaran padahal perbuatan tersebut masih dibawah kontrol manusia. Allah juga tidak pernah memaksa seseorang untuk tidak berbuat sesuatu.

Saya pikir Allah SWT menciptakan manusia karena Dia ingin menunjukkan Kemahabesaran-Nya. Manusia sering lupa atau sengaja melupakan, selain menciptakan alam semesta beserta isinya (manusia, tumbuhan dan hewan), Allah SWT juga menciptakan seperangkat aturan (syariah) untuk manusia supaya manusia bisa menjalankan tugas-tugasnya sebagai khalifatullah. Ketika syariah itu mulai ditinggalkan maka lihatlah; berkah yang seharusnya keluar dari perut bumi malah mengeluarkan ‘lumpur’, air hujan mestinya menyuburkan berubah menjadi sumber penyakit karena terkotaminasi. Dan gilanya manusia membuat aturan perundangan sendiri padahal manusia mengatur dirinya sendiri tidak bisa. Subhanallahilazim Engkau Maha Agung, dengan syariah-Mu manusia adalah makhluk mulia. Allahu Akbar! []peta

11 thoughts on “Menciptakan Manusia?

  1. ada juga yang mungkin dilupakan sebagian besar orang ataupun saya sendiri, yaitu kebesaran Allah tentang penciptaan malaikat, ada dan sering dilupakan. Maha Besar Allah. nice post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s