Hari Pertama Kerja!

Yah hari ini adalah hari pertama aku kerja yang kantornya itu dekat laut, jangan tanya apakah disana aku akan sering melihat gadis-gadis pantai berjemur atau melihat indahnya warna biru langit laut. Justru sebaliknya yang dominan aku lihat adalah para lelaki berpakaian montir, baju nyambung dengan celana lengkap dengan helmnya sedangkan lautnya tidak karuan pencampuran oli kapal yang berlalu-lalang.

Aku tidak berminat untuk menceritakan pengalaman pada hari pertamaku kerja bahkan aku diterima kerja disana adalah suatu cerita unik tersendiri. Tapi yang menarik dibahas adalah ketika berangkat dan pulang kerja. Jam masuk kantor ku adalah jam 07.30 pagi, karena jarak yang jauh antara kantor dan kontrakan maka mau tidak mau harus mau jam 6 pagi lebih sedikit aku sudah harus berangkat (aslinya jam segitu masih ngantuk). Dan yang aku duga, jam 6 bagi kota pahlawan adalah jam ramai kendaraan bermotor yang kesana kemari diboncengi anak sekolahan ataupun sama seperti ku, berangkat kerja. Jam sepagi itu aku sudah berurusan dengan asap knalpot, entah masker yang aku pakai benar-benar ampuh melindungi dari asap.

Begitu pula ketika pulang kerja, masih berurusan dengan macetnya jalanan. Mungkin sama seperti diriku mereka pengendara motor adalah orang-orang yang mau pulang dari kantor, dan mereka capek ingin cepat-cepat balik ke rumah untuk merebahkan badan di kasur yang empuk atau menyegarkan tubuh mandi atau barangkali mencumbui sang istri.

Berangkat pagi, bertemu dengan ramainya kendaraan, kerja dari pagi sampai sore, berpapasan dengan macet lagi, nyampek rumah malam hari dan terus tidur. Mungkin itulah rutinitas keseharian dari pekerja kantor terutama di kota mentropolitan seperti surabaya. Jika benar demikian, oh betapa membosankan hidup!

Aku tentu berharap rutinitas yang akan aku jalani tidak menumpulkan pemikiran-pemikiran yang aku anut, atau malah ikut menjadi mayat hidup yaitu orang-orang yang terlena dengan kenyamanan dan sekedar menjalankan rutinitas hidup tanpa memikirkan nasib orang pinngiran yang tidak seberuntung yang mendapat pekerjaan tetap. []dnk

16 thoughts on “Hari Pertama Kerja!

  1. iyaa.. saya juga sering menganggap karyawan yang berangkat pagi dan pulang gelap itu membosankan.. mesti ada variasi lain tiap minggunya. Eh, tapi kalo diniatkan ibadah mungkin agak ‘mengayemkan’😀

  2. belum sepatah Jakarta aku rasa….semangat kerja yah, dulu pertama kali aku kerja di Jakarta sama ngerutu maceettt dan asap knalpot tp setelah bertahun tahun ternyata kemacetan itu kadang bikin rindu juga hehehe #belajar berdamai saja hehe

  3. Semangat hari pertama!
    Keliatannya kerja itu membosankan ya, tapi kalo kita terus buka mata terhadap sekitar, bakal ada hal-hal baru tiap hari kaan

  4. hehe, malang juga mulai macet. disyukuri aja, lebih amat sangat parah di jakarta. masker yang kupake ga mempan kayanya, kalo motorku ada di belakang atau berdampingan dengan bis, mending tahan nafas dulu deeh😀

Leave a Reply

