Gak Punya Sarung..

Ketika hendak ke masjid untuk shalat dhuhur berjamaah, di arah berlawanan ada pria memakai sweater warna biru yang kemudian membelokkan motor matic-nya ke arah masjid. “Arek iku arep shalat dhuhur ta.. tapi kog pake celana pendek?”.  Pria tadi memang memakai celana yang panjangnya cuma sampai ke lutut. “Mungkin arek iku bawa sarung di tas jinjing kecilnya”.

Ketika sudah di masjid, aku melihat pria tadi menghampiri salah satu bapak jamaah masjid. “sepurane pak, ada pinjaman sarung?” tanya pria itu dengan sedikit membungkukkan badan. “gak ono’ mas”. Mendengar jawaban si bapak, pria tadi sepertinya tidak jadi untuk shalat berjamaah kemudian pergi meninggalkan masjid.

Aku rasa masjid perlu juga untuk menyediakan sarung pinjaman sebagaimana ada mukena pinjaman untuk jamaah perempuannya. Aku tidak bisa menyalahkan pihak masjid, melihat masjid juga sedang direnovasi. Ah sudahlah urusan sarung biarlah jadi urusan masjid, aku harap ada jamaah yang tidak hanya menyumbangkan dana untuk pembangunan masjid tetapi juga sarung untuk masjid.

Yang patut diacungi 4 jempol adalah niat pria tadi untuk shalat berjamaah. Mungkin ketika memacu sepeda motornya, dia mendengarkan azan dan dia segera meresponsnya dengan berhenti dan ikut shalat berjamaah bersama. Suatu respon yang mungkin susah untuk kita tiru, atau malah ketika mendengar suara adzan kita masih bersibuk ria dengan aktifitas kita, acuh untuk segera menghadap kepada Sang Pemilik Semesta.

“Allahu Akbar…” Imam takbiratul ihram. Ya Allah jadikan kami orang-orang yang selalu rindu untuk segera menghadap-Mu. []peta

15 thoughts on “Gak Punya Sarung..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s