Bukan Pengemis

Sebisa mungkin aku akan berbagi rezeki kepada para ‘peminta’ yang biasa dijumpai di parkiran masjid, emperan toko, depan warung makan, keramaian pasar, atau di antara keramaian kendaraan dan traffic light. Aku yakin profesi peminta adalah pilihan terakhir mereka supaya asap dapur tetap mengepul (itu pun kalau mereka punya rumah).

Aku tidak mempedulikan baju mereka yang lusuh dan entah kapan terakhir kali mereka cuci atau bahkan kapan mereka sendiri membersihkan diri? Dalam bayanganku cuman ada satu pertanyaan, apakah mereka sudah makan?

Selama hidup ku, aku memang belum pernah menjadi pengemis, tetapi aku pernah berada di kondisi ketika suatu pagi perut ku menunjukkan gejala-gejala keesistensialismeannya membunyikan suara sirine (baca: kelaparan) dan parahnya untuk membeli nasi bungkus saja aku tidak mampu, yang bisa aku lakukan adalah melanjutkan tidur ku dan berharap bisa kenyang dengan sendirinya. Bagaimana jika aku benar-benar tidak punya uang untuk membuat ku tetap survive di dunia, bagaimana jika sudah tidak ada lagi teman yang memberi pinjaman, apakah aku akan mengemis? Bawah sadarku celetuk “Ya”, sedangkan pikiran rasionalku menjawab “menjadi pasukan kuning pun aku rela”.

Kelaparan mengetuk pintu sanubari untuk merasakan kesengsaraan kaum pinggiran yang senantiasa serba kekurangan dalam segala hal. Seharusnya manusia sadar selama rasa lapar masih ada maka akan ada orang-orang yang membutuhkan uluran tangan dan kemurahan hati untuk menyisihkan sebagian harta guna didermakan. Jika engkau masih punya rasa lapar maka berbagilah? []peta

6 thoughts on “Bukan Pengemis

  1. Manusia makan itu agar merasakan lapar bukan kenyang, kata Sang Filusuf Jawa, Ki Ageng Suryomentaram. Sehingga dalam makan kita akan ingat orang yang kekurangan makan dan seringkali merasa lapar dalam perutnya.๐Ÿ™‚

Leave a Reply

