Melupakan Doa

“Two hands working can do more than a thousand clasped in prayer” – Anonymous

“Dua tangan yang bekerja bisa melakukan lebih banyak dari pada seribu tangan berdoa”, sepenggal kalimat yang terlampau sederhana tetapi nyatanya kalimat tersebut dulunya pernah meracuni pikiranku. Kalimat yang tidak diketahui tuannya tapi menjadi pegangan bagi orang yang menyatakan dirinya tidak bertuhan atau atheis.

Apakah dulunya aku atheis? Tidak, hanya saja aku sempat terbuai dengan kalimat tersebut. Aku bahkan berkeyakinan orang yang banyak bekerja akan lebih disayangi Tuhan daripada orang yang hanya bisa berdoa saja. Hasilnya adalah aku akan bekerja keras dengan kedua tanganku sendiri baru kemudian berdoa, doa aku nomor dua-kan.

Tapi sekarang aku sudah kapok seperti kapoknya pecandu rokok yang telat menyadari bahwa paru-paru nya telah digerogoti penyakit. Bagi ku doa adalah segalanya, tidak peduli kau bekerja atau tidak, kau harus berdoa karena doa adalah ibadah seperti hal nya ibadah sholat, puasa, zakat, haji, atau ibadah mahdhah lainnya. Seperti halnya mana yang kau dahulukan, sholat dulu baru bersedekah atau malah sebaliknya? Tidak, tidak ada yang harus didahulukan karena kedua nya adalah ibadah yang sama-sama harus dikerjakan. Lagipula doa adalah “The Power Of Secret”-nya seorang muslim, power yang mampu meninju sampai K.O teori “The Secret”-nya Rhonde Byrne.

Manusia dikatakan tidak punya apa-apa ketika dia melupakan Allah Swt raja diraja kerajaan semesta. Jika sang Pemilik Semesta saja dilupakan, lalu untuk apa lagi manusia menginjakkan kaki di bumi milik-Nya? []peta

4 thoughts on “Melupakan Doa

  1. doa dn bkrja, dua hal yg smstinya brjln seiring krn doa sja tnpa bkrja adlh suatu kelalaian dn bkrja tnpa doa adalah sebuah tirani ksmbongan kpd Sang Khalik !

  2. ini mirip jargon
    “berilah aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia”
    tapi keduanya bisa berimbang mas..
    segala sesuatunya kan bersangkutan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s