Takdir Untuk Selingkuh!

“Kalau laki-laki selingkuh, harap dimaklumi. Karena itu sudah fitrahnya dan hukum alam mentakdirkan demikian.”

Sepotong kalimat di atas adalah status facebook temanku. Menarik memang apa yang keluarkan dari batok kepalanya. Sepotong kalimat tersebut bukan pertama kalinya keluar dan sepertinya bukan yang terakhir kalinya.

Aku menuliskannya lagi bukan berarti aku sependapat dengan kalimat diatas malah sebaliknya. Aku tidak tahu latar belakang dia menuliskannya, barangkali dia melihat makin banyak para pria yang selingkuh sehingga mengeneralisasi bahwa pria adalah tukang selingkuh.

Aku juga tidak memungkiri bahwa tidak sedikit pria yang selingkuh padahal pria tersebut sudah berumah tangga. Hal tersebut aku ketahui dari infotainment yang mengabarkan adanya artis yang ketahuan selingkuh, info lainnya aku dapat dari koran yang aku baca bahwa di beritakan karena ketahuan selingkuh akhirnya “burung” si suami di sembelih langsung oleh istrinya sendiri.

Aku tidak minat untuk membahas tentang perselingkuhan mulai dari apa penyebabnya atau siapa yang patut disalahkan apabila terjadi perselingkuhan, apa dari pihak pria yang kadang nafsunya tidak bisa dibendung atau pihak wanita karena servisnya yang dirasa kurang. Aku tidak tertarik membahasnya, biarlah masalah perselingkuhan menjadi urusan mereka dengan-Nya. Aku hanya ingin menyoroti apa benar sudah takdirnya bahwa pria adalah makhluk peselingkuh karena kalau sudah takdir maka mau berbuat apa lagi, toh itu sudah takdirnya!

Ah kalau sudah hukum alamnya bahwa pria adalah makhluk peselingkuh, kasihan sekali pria seperti ku karena aku akan menjadi pselingkuh yang buruk dan dipaksa selingkuh oleh takdir ku sendiri. Sebenarnya disinilah letak kerancuan dari pemikiran teman ku itu, takdir telah memaksakan seseorang untuk berbuat sesuatu termasuk juga untuk berselingkuh.

Teman ku itu sepertinya keliru dalam mendefinisikan tentang takdir itu sendiri. Pada dasarnya takdir merupakan ilmu Allah Swt yang mencakup segala sesuatu karena Allah memang Maha Mengetahui atas segala sesuatu. Karena itu tidak bisa dicampuradukkan antara amal perbuatan manusia dengan takdir (ilmu) Allah Swt, keduanya memang tidak ada hubungan sama sekali. Artinya, ilmu (takdir) Allah tidak pernah memaksa seseorang untuk berbuat sesuatu, juga tidak pernah memaksa seseorang untuk tidak berbuat sesuatu.

Tidak dapat disimpulkan juga bahwa pria yang sering melakukan selingkuh maka perlu kita maklumi karena barangkali sudah fitrahnya dia. Kalau benar seperti itu maka wanita yang melakukan selingkuh patut juga dimaklumi atau pria yang melakukan seks dengan pria lain sedangkan wanita oral dengan wanita lain, seorang ibu nge-seks dengan anaknya, ayah menikah dengan anaknya atau bahkan melakukan seks dengan kuda seperti yang pernah aku baca beritanya, hal seperti itu apa perlu dimaklumi juga?

Tidak! selingkuh adalah salah bentuk penyimpangan. Karena itu lah perlu standard nilai yang menjadi patokan untuk menyatakan perbuatan manusia benar atau salah, menyimpang atau lurus. Sedang dalam Islam sudah jelas, orang yang melakukan selingkuh bahkan sampai melakukan perzinahan maka dihukum cambuk dan dirajam bagi yang sudah berkeluarga.

Yang membuat ku tidak habis pikir adalah jika takdir adalah ilmu Allah Swt yang mencakup segala sesuatu dan dituliskan di Law al-Mahfuzh, lalu bagaimana teman ku itu tahu bahwa pria adalah makhluk peselingkuh? []peta

9 thoughts on “Takdir Untuk Selingkuh!

  1. “Yang membuat ku tidak habis pikir adalah jika takdir adalah ilmu Allah Swt yang mencakup segala sesuatu dan dituliskan di Law al-Mahfuzh, lalu bagaimana teman ku itu tahu bahwa pria adalah makhluk peselingkuh?”

    sederhana, berarti dia tahu isi lauh mahfudz:mrgreen:

  2. semua perbuatan itu bukan takdir karena manusia diberi kesempatan untuk berfikir dulu, makanya sering dibilang berfikir dulu sebelum bertindak..
    jadi selingkuh itu sesat pikir kalau dikatakan sebagai takdir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s