Di Bawah Kolong Langit

Suatu ketika aku bertanya kepada temanku, salah satu calon wisudawan. “Apakah kamu mau melanjutkan ke S2?” tanyaku. Aku bertanya seperti itu karena aku tahu dia mempunyai kemampuan akademis diatas rata-rata. Jawaban yang dia berikan cukup mengagetkan, katanya dia mau fokus mendapat kerja dan sudah tidak mau untuk belajar lagi. Ya spontan jawaban tersebut membuatku terkejut, bukan karena dia tidak mau melanjutkan S2, tapi pernyataannya yang tidak mau belajar lagi!

Hal serupa sering juga aku temui yaitu ketika pengumuman kelulusan siswa sekolah mulai SMP sampai SMA. Mereka merayakan kelulusan dengan mencorat-coret seragam sekolah, konvoi sepeda motor di jalan, pesta atau acara lainnya, sebagai tanda mereka bebas dari rutinitas sekolah yaitu mengerjakan tugas dan tentunya belajar.

Menurut ku dimana dan kapan saja seharusnya kita harus tetap belajar. Belajar dari birunya langit, bau angin, semrawutnya kondisi masyarakat, dari peristiwa yang dialami atau belajar dari buku. Terkait buku, aku sendiri belajar banyak hal dari buku. Apa yang belum aku alami, dengan membaca buku aku bisa merasakan dari belajar darinya. Contoh misal aku belum mencapai puncak Mahameru, tapi dengan membaca buku aku bisa merasakan dingin dan indahnya Mahameru. Ya akan beda rasanya apabila aku sendiri yang langsung mendaki. Buku memang memberi banyak hal tetapi tidak sebanyak dunia nyata.

Belajar, belajar dan belajarlah untuk memetik sari pati kehidupan. Memang belajar yang aku maksud bukan proses belajar mengajar seperti di sekolah atau perkuliahan yang saat ini cenderung untuk sekedar mendapatkan ijazah saja. Maksud ku, dengan proses belajar setidaknya kita menjadi manusia bijak yaitu manusia yang dapat memanusia manusia lainnya. Asal masih di bawah kolong langit dan selama kaki masih menginjak tanah, maka sepatutnya kita terus belajar dari kehidupan sehingga kelak kita bisa tersenyum bangga dihadapan-Nya atas banyaknya bekal yang kita bawa di akhirat. []peta

2 thoughts on “Di Bawah Kolong Langit

Leave a Reply

