Aku Dan Menulis!

Entah semenjak kapan aku mempunyai keinginan untuk menulis sebuah buku, dan hebatnya lagi sudah aku memimpikan bahwa suatu saat buku yang aku tulis termasuk buku bestseller. Aku pikir ini berawal dari hobi ku belakangan ini yang sering membaca buku. Ketika membaca buku-buku yang membuat ku takjub, aku terpacu untuk membuat buku yang lebih baik dari buku tersebut.

Tentu aku tidak cukup gila dengan berangan-angan dengan menulis buku perdana kemudian dinobatkan sebagai buku bestseller seperti yang dialami oleh penulis fenomeal semacam Andrea Hirata. Aku harus “ngaca” aku bukan siapa-siapa meski Andrea Hirata juga awalnya bukan siapa-siapa. Aku tidak punya latar sebagai sastrawan atau penulis bahkan menulis status di facebook saja aku jarang, bagaimana mau menjadi penulis? Tapi jangkar kapal telah ditarik pantang untuk mundur, atau bubur ayam telah dipesan sayang kalau tidak dimakan!

Seperti yang aku sampaikan sebelumnya aku tidak mempunyai background sastra, karena itu aku harus belajar dari awal tentang sastra atau dunia tulis menulis. Sudah aku jalani, meski dilakukan secara otodidak tetapi hasilnya sampai saat ini memuaskan. Dari buku penulisan yang aku baca, menjadi penulis tidak mutlak harus mempunyai bakat, yang penting menulis dan terus menulis. Pada awalnya memang “berat” karena menulis bukanlah kebiasaanku dan yang paling “berat” jika kemudian aku mencoba membandingkan tulisan ku dengan Emha (cukup gila memang!) dan tentu yang ku dapat adalah rasa minder karena tulisan Emha yang terasa tidak tertandingi. Yang berhasil meyakinkan ku adalah aku pikir jika aku terus menulis, mungkin di usia Emha nanti tulisan ku akan “se-level” dengan beliau (ngarep dot com).

Kepercayaan diri mulai diatasi, tapi tetap saja menulis adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah-susah. Awalnya sebelum aku menulis di word, notepad, atau WP-dasboard, aku menulis dulu di kertas kosong. Baru ditulis di notepad, copy-paste ke word kemudian di pindah ke WP-dashboard. Memakan banyak waktu memang, tapi itu lah awal mula aku menulis. Bagaimana sekarang, ternyata sama saja! Beda-nya, aku tidak menulis di kertas kosong lagi tapi langsung di word! (jika kamu tidak percaya, percayalah aku juga tidak percaya. Mungkin ini gara-gara kemarin aku minum kopi yang sudah kadaluarsa satu hari..)

Mengenai obsesi ku untuk menulis buku bestseller, aku hanya bisa berdoa hal tersebut bisa terwujud. Menyenangkan rasanya kalau benar-benar terwujud, biasanya nasib penulis setelah bukunya laris manis, dia akan sering diminta tanda tangan, bedah buku, atau kalau beruntung bukunya bisa difilm kan. Bagi ku itu bukan menjadi tujuan utama untuk menulis, tapi sebuah efek samping saja. Aku patut bersyukur bisa menuangkan ide-ide ku dalam bentuk tulisan, itu berarti sampai detik ini aku masih waras (ya iyalah masa orang gila bisa ngetik). Maksud ku, ide-ide ku bisa tersampaikan lewat tulisan. Lagipula aku menulis maka aku ada! []peta

2 thoughts on “Aku Dan Menulis!

Leave a Reply

