Apa salah Suara Adzan!

    Kaget! Ya itu yang aku rasakan ketika membaca berita mengenai pak Wapres yang meminta suara Adzan jangan keras-keras saat memberi sambutan pada suatu kesempatan. Kurang lebih pernyataan pak Wapres itu begini, “Apa yang saya rasakan barangkali juga dirasakan oleh orang lain, yaitu bahwa suara adzan yang terdengar sayup-sayup dari jauh terasa lebih enak didengar”. Aneh ya, di negeri yang umat Islam yang katanya terbanyak, masih juga azan dianggap mengganggu dan berisik.

    Terkait suara adzan ini, aku jadi teringat ketika melakukan “ekspedisi” ke puncak gunung Arjuno Malang. Ekspedisi yang menguras waktu dan tenaga karena naik turun gunungnya saja butuh waktu empat hari tiga malam. Cukup lama memang, maklum pertama kalinya baru naik gunung dan tidak kebayang sebelumnya kalau selama mendaki gunung, aku bakalan tidak mendengar suara adzan dari corong masjid.

Hal yang aneh menurut ku karena pernah aku baca kalau astronot Neil Amstrong saja ketika ekspedisi mengelilingi bumi dengan pesawat luar angkasa, katanya dia sayup-sayup mendengar suara yang asing buat telinganya. Di duga suara itu suara adzan, bukankah tiap kali bumi berputar atau pergantian waktu maka disana pun adzan berkumandang di bumi. Nah, diluar angkasa saja suara adzan terdengar apalagi hanya di bumi!

    Oya ada hikmah luar biasa ketika aku turun gunung dan mendengar suara adzan lagi. Aku rasa, suara adzan adalah suara termerdu yang pernah aku dengar. Nikmat sekali rasanya setelah empat hari tidak mendengar suara adzan!

    Terkait suara adzan yang dipermasalahkan oleh pak Wapres, mungkin yang dimaksud pak Wapres bukan terkait suara adzannya tapi barangkali pengeras suara dari masjid yang dirasa mengganggu warga sekitar. Jika memang persoalannya pada pengeras suara, ya tinggal di atur saja pengeras suara yang bermasalah tersebut. Begitu saja kog ruwet!

    Tapi daripada sibuk mengurusi pengeras suara, aku pikir masih banyak dan lebih penting untuk di urusi. Contoh misal, bagaimana caranya supaya masyarakat dapat shalat berjamah di awal waktu dan di masjid? InsyaAllah barakah tuh!

    Minimal pemerintah tuh sadar, siapapun yang menjadi pemimpin di sebuah negara, maka dia akan diminta pertanggung jawaban bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat kelak. Dia akan ditanya akan apa yang telah dipimpinnya. Gak pantas lah ketika salah satu rakyatnya menjerit kelaparan, sedangkan para pemimpinnya sibuk berdebat yang tidak sepatutnya diperbedebatkan tentang pembangunan gedung baru, T.E.R.L.A.L.U! []peta

12 thoughts on “Apa salah Suara Adzan!

  1. setuju…
    masalah negara aja masih banyak yang mau diselesain, malah mempermasalahkan suara adzan…
    bukannya azan memang musti keras, karna tujuannya buat menghimbau kaum muslimin untuk sholat, masak iya musti bisik2…hadewwwww ….😯

  2. baru tau pak wapres ngemeng gitu, jd contoh buruk tuh, bentar…oh kita punya wapres ya…hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s