Review Buku: How To Master Your Habits


    Felix Y. Siauw, siapa yang tidak mengenali trainer yang satu ini khususnya bagi mereka yang menyebutnya dirinya aktifis atau seorang pengemban dakwah? Kalau anda benar-benar tidak tahu ust Felix, wah anda benar-benar kebangetan, parah..!!

    Ok lah, mungkin diantara kalian belum mengenal ust. Felix disebabkan kesibukan akftivitas keduniaan kalian yang bergejibun. Karena itu jika ada motivation atau Islamic training dengan ust Felix sebagai trainernya, saya sarankan agar anda segera mendaftar. Saya guarantee 100% anda akan termotivasi.. Jika anda belum termotivasi juga setelah ikut training, hmm saya sarankan agar anda segera ke psikolog untuk memeriksakan kejiwaan anda!

    Jika anda tidak termotivasi, ya setidaknya anda terinspirasi dari perjalanan hidup seorang Felix Siauw. Memulai dari nol ketika berumur 18 tahun dengan memilih menjadi seorang mualaf pada tahun 2002. Sekarang beliau adalah trainer tingkat nasional bahkan internasional, penulis 3 buku yang laris manis (Beyond The Inspiration, Muhammad Al Fatih dan How To Master Your Habits), ayah bagi 1 bidadari kecil dan 2 Muhammad Al Fatih 1453. Bagaimana dengan anda yang islam semenjak lahir? apa yang sudah anda perbuat, berapa orang yang anda motivasi, berapa buku yang anda tulis, berapa istri yang sudah punya.. (nah lho!)

    Muncul pertanyaan, kog bisa ya ust Felix menjadi pribadi yang luar biasa dan ahli di bidangnya terutama bidang Islamic motivation? Jawabannya barangkali pada pembiasaan atau habits kita. Karena itu ust Felix menulis bukunya yang ke-3 ini yaitu How Master Your Habits, untuk membantu kita mengembangkan suatu keahlian. Sebuah data menyebutkan bahwa motivasi hanya berpengaruh 11%-35% dalam keahlian. Sisanya itu ada pada pembiasaan, pada habits!

Buku ini memang bukan buku motivasi, buku ini adalah buku yang akan menjelaskan pada anda bagaimana menguasai keahlian tanpa motivasi. Lebih hebat lagi buku ini dikhususkan untuk anda, para pejuang dakwah islam untuk meningkatkan keahlian dan amalnya dalam dakwah, sehingga kebangkitan islam akan menjadi semakin jelas telihat, semakin dekat terasa!

    Berikut kata bijak dalam buku ini:

  1. Mereka melakukan hal-hal yang luar biasa berulang kali sehingga hal yang luar biasa bagi kita adalah biasa bagi mereka (hal. 15)
  2. Perbedaan antara bisa dengan yang tidak bisa itu sangat sederhana, yaitu habits. Bisa karena biasa, tak bisa karena tak biasa! (hal. 19)
  3. Habits adalah hasil daripada pengulangan suatu aktivitas dalam jangka waktu tertentu. Semakin banyak satu aktivitas diulang dalam jangka waktu yang lama maka habits akan semakin kuat (hal 37)
  4. Tujuan yang jelas menciptakan gerakan, karena tujuan adalah daya tarik yang sangat kuat (hal. 55)
  5. Tidak memiliki tujuan yang pasti dalam hidup sama seperti lari dalam lingkaran yang tidak habis (hal. 56)
  6. Undanglah hiu-hiu kecil dalam kehidupan kita agar hidup kita jadi lebih dinamis (hal 60)
  7. Abdurrahman bin Auf memiliki habits saudagar yaitu lebih senang memberi daripada diberi (hal. 89)
  8. Ciptakan keberuntungan dengan habits jangan sampai menunggu keberuntungan (hal. 94)
  9. Membaca buku adalah sejenis bentuk ketagihan seperti spiral melebar terus membesar, satu buku akan mengajak pada dua buku, dua buku pada tiga buku, dan seterusnya (hal. 109)
  10. Kita berat mengeluarkan uang untuk membeli buku karena menganggap mahal. Namun, tak terbesit bahwa tidak memiliki pengetahuan sesungguhnya lebih mahal lagi (hal. 127)
  11. Banyak orang takut dan khawatir pada sesuatu yang belum pasti dan malah tidak takut dan khawatir pada sesuatu yang sudah pasti (hal 130)
  12. Banyak sekali diantara kita yang sangat khawatir datang telat ke kantor, namun sama sekali tidak ada penyesalan dan rasa khawatir bila terlambat datang ke pengajian atau halqah (hal. 139)
  13. Memiliki visi besar berarti siap untuk dikatakan sebagai orang gila (hal. 141)
  14. Kejadian mungkin takdir, namun meresponnya adalah pilihan yang ada pada manusia (hal. 144)
  15. Alasan, adalah ciri orang gagal karena pencari alasan tak pernah belajar (hal 156)

 

Judul : How To Master Your Habits

Penulis : Felix Y. Siauw

Penerbit : Khilafah Press

 

Review by peta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s