Aksi Dan Polisi

    Menjelang april 2012, di media massa maupun elektronik tidak luput dari pemberitaan tentang demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM. Mulai dari para buruh, mahasiswa sampai banci-banci tukang salon ikut menggelar aksi penolakan kenaikan harga BBM. Aku pikir demonstrasi merupakan hal yang wajar dan cara yang efektif untuk mengoreksi kebijakan pemerintah apalagi menyangkut nasib dan perut jutaan rakyat banyak. Tapi apa yang aku lihat di televisi sungguh menyesakkan dada. Aparat polisi terlibat bentrok dengan para mahasiswa!

    Mereka saling melempar batu, ada tembakan gas air mata, pentungan. Apa mereka tidak berpikir, se-keras kepalanya manusia tidak lebih keras daripada sebutir batu. Apabila kena kepala orang, tidak hanya benjolan yang keluar tapi juga darah yang mengucur deras.

    Melihat para polisi itu, disana ada salah satu kawan ku yang kebetulan mengais rezeki di balik korps baju coklatnya. Kawan ku dan mungkin polisi lainnya mempunyai keluarga, anak serta istri yang setia menunggu untuk dicumbui tiap malamnya,

    Begitu juga para mahasiswa, mereka mempunyai orang tua yang tiap bulannya menggaji para mahasiswa ini untuk kuliah. Sama mereka juga ditunggu oleh orang-orang yang mencintai mereka dan mengharap pulang ke rumah tanpa perban dan jahitan di kepala.

     Jika kau bertanya bagaimana cara aksi yang benar? Aku gak tahu, fakta di lapangan sering kali berbeda dari apa yang sudah di planning sebelumnya. Yang pasti setelah aksi, aku lihat temen-temenku setelah berorasi, menyebarkan ratusan selebaran, puas memaki para pejabat korup dan tidak lupa memaki sistem demokrasi yang amburadul. Aksi pun diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada pengguna jalan karena mau mendengarkan suara serak orator beserta isinya yang terkadang susah dicerna. Tapi bagaimanapun kebenaran hakiki harus selalu disampaikan! Terima kasih juga kepada para polisi yang mau menjaga ketertiban dan keamanan aksi. Yah meskipun ini bukan pertandingan futsal, tidak salahnya diakhiri dengan jabat tangan. []peta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s