Roadmap Sukses Skripsi!

    “Masih garap skripsi!”

    Simple tapi jelas, itu jawaban yang aku dapatkan ketika bertanya kepada senior tingkat akhir mengenai dirinya yang belum di wisuda (padahal udah memasuki tahun ke-6 kuliah hihi). Spontan jawaban tersebut membuat gejolak di pikiranku, waduh mulai semester 7 atau 8 hingga sekarang berarti dia belum diwisuda gara-gara gak lulus skripsi dong! ih ngeri juga tu skripsi ya.

    Terlepas hal tersebut benar atau tidak, sebaiknya kamu yang mau memulai skripsi segera merencanakan untuk menghadapi skripsi (termasuk aku tentunya). Ingat kata bijak mengatakan, membuat perencanaan berarti 50% pekerjaan kita sudah selesai. Maka dari itu setelah minta petunjuk ke mbah google dan mandi kembang-kembangan, dapat juga batu merah delima seperti yang didapatkan Jupe ketika ritual di Pantai Selatan (nah lho gak nyambung cak). Maksudku tips agar sukses skripsi atau biar rada ilmiah dikit “Roadmap Sukses Skripsi”. Berikut panduannya:

1.
Persiapkan sebaik-baiknya, setidaknya satu semester sebelumnya kamu harus sudah mulai mencari topik skripsimu. Tanya senior atau dosen, cari jurnal-jurnal terbaru, pilih judul, dan mulailah membuat proposal.

2. Survey judul skripsi di perpus, hal ini untuk melihat apakah judul skripsi yang akan dikerjakan sudah ada atau belum. Jangan sampe ketika di tengah-tengah mengerjakan skripsi tiba-tiba di perpus ada bahasan yang sangat mirip atau hampir sama atau bahkan sama dengan skripsi yang kamu buat. Bisa berabe kan!

3. Konsultasikan judul skripsi dengan si Doi, maksudnya Dosen Pembimbing. Langkah ketiga ini sangat penting, artinya ketika mengonsultasikan judul skripsi paling tidak kamu sudah tau bagaimana skripsi kamu nantinya. Oya cari waktu yang tepat untuk konsultasi dengan doi. Jangan sampe si doi lagi kambuh asam uratnya, kamu ajak konsultasi!

4. Jika sudah disetujui, buat target dan jadwal untuk mengerjakan skripsi. Target besar akan selesai jika kamu memecahnya menjadi target-target kecil kemudian membuat jadwal untuk menyelesaikan target-target kecil yang kamu buat tadi. Dengan ini, kamu menjadi lebih teratur dalam mengerjakan skripsi.

5. Cari referensi skripsi. Sebagai mahasiswa, nggak alergi kan ya, sama yang namanya perpustakaan? Hehe. Jangan lupa kunjungi juga perpus online, kayak http://library.its.ac.id/. Atau di web lainnya yang menyediakan e-book gratis misal library.nu

6. Buat draft kasar. Contoh jika skripsi kamu terdiri dari 12 bab (emang ronde sampe 12 segala, ini kan cuman misal!). Sebaiknya kamu buat kerangka skripsi dari bab 1-12, yang nantinya akan ditulis, lalu kembangkan. Hal ini akan membantu kamu dalam menulis skripsi.

8. Rajin konsultasi dengan dosen pembimbing. Konsultasikan kesulitan ketika mengerjakan skripsi dengan dosen pembimbing. Sebelum kamu konsultasi, pastikan kamu sudah tahu apa yang harus harus didiskusikan. Minimal kamu udah hafal judul skripsi kamu, jangan sampe deh ketika ditanya judul, kamu gak bisa jawab. Wah syaraf ni mahasiswa!

9. Fokus, fokus dan fokus. Ingat, fokus itu penting.

10. Semangat, jaga kesehatan dan rajin berdoa. Tips terakhir tapi justru merupakan tips terpenting. Kamu tidak dapat mengerjakan skripsi tanpa semangat di dalamnya, tanpa kesehatan yang fit, dan tanpa doa yang kamu panjatkan kepada Allah SWT, yang melancarkan usaha-usaha kamu.

 

    Demikian panduannya. Apakah akan berhasil? entahlah aku belum mencobanya hihi. Tapi bukankah kita tidak akan bisa berlayar tanpa mempunyai peta. [dnk]

 

Referensi :

* Disadur dari berbagai sumber

** Jgn lupa mampir di blog ane gan, www.petapemikiran.wordpress.com

One thought on “Roadmap Sukses Skripsi!

  1. Para pejuang islam n pembantu rakyat…
    Ku orang susah yang ingin sekali melanjutkan kuliah tapi keadaan orang tua sangat tidak mampu untuk membiayai kuliah ku….aku udah berusaha bekerja agar aku bisa mengumpulkan uang untuk masuk kuliah tapi tidak cukup karena kebutuhan keluarga yang harus di penuhi…
    Jadi curhatan ini ku lampirkan agar ada pihat yang bisa membantu aku untuk kuliah…terutama dari pihat pemerintah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s