Mati Ketawa Ala Madura (3-Habis)

    Saya baru mengetahui kebiasaan orang Madura yang naik Haji berkali-kali (sekarang mulai diperketat), mempunyai maksud tujuan tertentu. Beda mungkin dengan jamaah dari daerah lain yang selepas dari Tanah Suci masih berharap kembali ke Tanah Air. Konon orang Madura ingin ke Rumah Allah untuk tidak kembali lagi. Tampaknya di muka bumi ini tiada cita-cita yang paling mulia, tiadalah keinginan hidup yang paling luhur, melebihi kesempatan untuk mati di sisi Ka’bah.

    Bukannya kita sebagai seorang muslim meyakini bahwa kematian bukan akhir segalanya tetapi awal menuju kehidupan yang baru. Maka bagi orang Madura yang umunya religius dan sangat serius dengan religiusitasnya, menganggap kehidupan dunia hanyalah fana belaka, penuh intrik, tipuan dan kesenangan yang nisbi. Mungkin inilah asal-usul munculnya Carok, yang resikonya sekalipun adalah mati. Mati bukan lagi sebuah tragedi melainkan kegembiraan. Kegembiraan akan segera berjumpa dengan Sang Kekasih. Tapi Carok bukanlah asal duel saja, mereka mau carok karena ada yang dipertahankan yaitu harga diri, kehormatan dan nilai moral. Berbeda dengan mereka diluar sana yang tidak berani mati, oleh karena memang mereka tidak mempunyai kehormatan yang pantas untuk dipertahankan.

    Jadilah menurut Cak Nun, Mati Ketawa Ala Madura adalah mati serius yang dijalani gembira dan batin tertawa-tawa. Mati mereka serius, sehingga hidup pun mereka jalani dengan serius karena kehidupan adalah suku cadang untuk merakit kematian yang sebaik-baiknya. Setetes darah pun mereka hayati dengan penuh keseriusan, dengan penuh prinsip dan pertimbangan nilai yang matang. Lantas bagaimana dengan Anda, siapkah anda meninggalkan dunia ini dengan tertawa-tawa?[]dnk

catatan kaki :

* Emha Ainun Nadjib. 2005 (Cet. 2). Folklore Madura. Progress : Yoyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s