Bersama Kita Bisa

    “Indahnya Kebersamaan” slogan salah satu acara religi di stasiun Televisi. Maknanya kurang lebih mengajak jamaah dan para pemirsa untuk mengedepankan kepentingan bersama dibandingkan individu, meskipun negeri ini terdiri dari berbagai suku bangsa, penganut agama yang majemuk tapi tetap bersama-sama membangun bangsa, indahnya kebersamaan. Kata yang bijak menurut saya. Saya ingat pula semenjak duduk di bangku SD, siswa diajari gotong royong, salah satu nilai ke-indonesiaan. Tambah usia saya semakin mengerti akan kebersamaan. Buktinya saat duduk di bangku SMP, saya mengaplikasikan dengan membentuk genk meskipun sekedar genk cupu. Di bangku SMA tidak banyak berubah, nokrong bersama, main futsal bersama, hang out bersama, dsb. Terus bagaimana dengan bangku kuliah? Ampun, tobat dah hehe.

     Saya kira nilai kebersamaan tidak memudar dibandingkan nilai lainya seperti nilai susila, kalau dulu pacaran masih dilakukan sembunyi-sembunyi, sekarang sampai buka-bukaan. Kalau dulu pakaian wanita masih tertutup, sekarang rok mini semakin tinggi. Sekarang meskipun sudah banyak yang berkerudung tapi tidak cukup untuk menutupi lekuk tubuhnya.

Cukup kembali ke nilai kebersamaan, kalau dilanjutkan terus tidak selesai-selesai, semakin di gosok makin asyik hehe. Bukti nilai kebersamaan masih ada, mudah kita temui di berita sehari-hari baik cetak maupun elektronik. Berita tentang korupsi. Dari korupsi, oleh korupsi, untuk korupsi. Mulai dari kantor lurah sampai kantor dewan terhormat, mulai sandal jepit sampai tryliunan rupiah, mulai dari jalanan sampai balik jeruji besi. Korupsi tak terasa korupsi karena milik bersama, dilakukan bersama, ditutupi dengan alibi-alibi bersama, bersama kita bisa!

    Tibalah saat “adzan” berkumandang, para koruptor mensucikan najis dengan dentingan emas. Rapat dan luruskan shaff, tunaikan korupsi berjamaah. Berserah diri kepada uang yang maha kuasa. []dnk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s