Mapping Of Life

MAPPING OF LIFE
Saat berada di suatu kota yang baru pertama kalinya (pertamax) dikunjungi, terbesit dalam pikiran kita untuk jalan-jalan menjelajahi kota tersebut. Kalau sudah begini maka mau tidak mau kita harus mencari teman yang bersedia menemani mengelilingi kota. Permasalahannya bagaimana kalau tidak ada yang mau mengantarkan kita, apa kita akan memaksa untuk berangkat padahal kita tidak tahu informasi terutama jalan-jalan kota. Tidak perlu khawatir kita bisa menggunakan peta. Di rambu lalu-lintas dengan mudahnya kita bisa menemui para penjual peta terutama yang berada di kota-kota besar. Apabila masih juga susah untuk dapat itu peta maka kita bisa nanya ke mbah google apalagi sudah ada aplikasi google earth tinggal masukkan kota yang kita cari untuk dapat gambar petanya. Kalau peta udah ditangan, sekarang kita siap nge-bolang tanpa takut lagi tidak tahu tempat apalagi sampai tersesat.
Bagi beberapa orang, peta mempunyai arti tersendiri. Apabila kamu mengaku  backpacker, peta merupakan benda wajib yang mesti selalu ada. Nah untuk temen-temen Geodesy tentu tidak asing lagi dengan yang namanya peta karena peta merupakan produk jasa kita nantinya. Apa itu peta? Peta adalah gambaran dari sebagian permukaan bumi pada bidang datar dengan skala dan sistem proyeksi tertentu. Kalau tidak tahu apa itu skala dan sistem proyeksi bisa baca di kartografi, gampangnya peta itu adalah petunjuk atau pedoman. Gambar peta bercerita lebih dari seribu kata! Dari peta kita bisa tahu nama jalan, posisi, ketinggian, luas, volume dll (yang nanya no rumah dan HP silakan cari sendiri). Sangat berguna sekali kan peta ini jadi itu pentingnya kita punya peta!
Peta memberikan informasi dan petunjuk yang bisa jadi itu sangat kita butuhkan. Sama halnya kita butuh petunjuk pemakaian apabila membeli barang-barang baru misal beli mesin cuci, Smartphone dll. Tiap membeli barang terutama yang baru maka disertakan juga petunjuk pemakaiannya. Apa jadinya kalau kita mau mengoperasikan mesin cuci dengan menggunakan petunjuk pemakaian dari HP, kira-kira bisa tidak mengoperasikannya apalagi orang tersebut pertama kalinya (pertamax gan). Tentu tidak bisa ya harus menggunakan petunjuk dari mesin cuci sendiri.
Lantas bagaimana dengan kehidupan manusia, apa yang kita pakai sebagai petunjuk dalam mengarungi kehidupan ini? Apakah petunjuk yang kita pakai selama ini sudah petunjuk yang benar? Untuk menjawab hal tersebut maka kita sandarkan pada ayat berikut:
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (TQS al-Baqarah [2]: 3)
Sekarang sudah jelas, Al Qur’an merupakan petunjuk bagi kita dalam menjelajahi kehidupan di dunia, Al Qur’am memberikan informasi kepada kita agar kita tidak tersesat dalam hidup ini, Al Qur’an memberikan jawabaan atas pertanyaan kita termasuk dalam persoalan/pertanyaan mendasar manusia berupa:
Dari manakah manusia dan kehidupan ini?
Untuk apa manusia dan kehidupan ini/
Akan kemana manusia dan kehidupan setelah ini?
Semua persoalan di atas bisa kita temukan jawabannya dalam Al Qur’an. Ringkasnya di balik alam dan kehidupan ini ada Sang Pencipta yaitu Allah SWT yang mengadakan seluruh alam, termasuk manusia, dimana diberi tugas untuk beribadah dan menjadi pemimpin (khalifah) di muka bumi dan kelak ada kehidupan lain setelah dunia ini yang akan menghisab seluruh perbuatan manusia di dunia. Sama kasusnya dengan mesin cuci di atas, bagaimana apabila menggunakan petunjuk yang tidak sesuai? (jawab sendiri). Ada sebagian orang yg menjawab persoalan mendasarnya dengan menggunakan petunjuk lain, contohnya dia menganggap kehidupan ini ada dengan sendirinya, manusia berasal dari tanah/materi dan kelak akan kembali lagi menjadi materi/benda, manusia hidup untuk mencari kebahagiaan materi selama ia masih hidup. Orang seperti ini tidak meyakini adanya hal gaib (ruh, akhirat, pahala-dosa dsb). Mereka percaya segalanya materi belaka. Jadi gaswat kan!
Jadi jika engkau ingin selamat alias tidak tersesat menjelajahi kehidupan yang sementara ini maka gunakan peta yang semestinya yaitu Al Qur’an. So Al Qur’an Is Map Of Life!
Salam GeoMotivation
By: doenk_geo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s